Select Page

MOV (Motor Operated Valve) adalah Valve dengan penggeraknya adalah motor yang dikombinasikan dengan electronik yang mentrigger untuk memutar gear2 yang ada pada unit valve tersebut. Kemudian untuk menstop motor yang bergerak dipasang limit switch(sebagai pemutus power ke motor).

Selain itu untuk MOV yang banyak, untuk menghemat kabel dan lain2, biasanya digunakan sarana hardware untuk komunikasi misalnya RS 232 atau RS 485.

Tanya – Emil M

Dear Migas Indonesia,

Saya ingin bertanya tentang cara kerja MOV pada suatu Plant minyak. Pada gambar bulletan P&ID-nya terdapat code XL, HS, terus ada o/s dan l/r diatas bullet-nya.
Apakah maksudnya? dan bagaimana operational-nya?

Mohon sharing pengetahuannya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan.

Tanggapan 2 – Muchlis Nugroho

Pak Emil,

Kalau baca P&ID itu sebaiknya baca juga legend-nya.
Karena style orang bikin P&ID beda-beda.

Tapi biasanya HS itu kepanjangan dari hand switch, jadi MOV tersebut dioperasikan dengan sinyal dari HS. dan XL itu kalau gak salah biasanya adalah position indicator berupa lampu untuk mengindikasikan valvenya sedang nutup atau mbuka.

Gitu deh kira-kira ada yang mau nambahin/ngkoreksi?

Tanggapan 3 – Taufiq Firmansyah

Setahu saya sih, kalau XL itu adalah indikasi status MOV yg ada di control-room.
Indikasi ini bisa secara fisik (lampu menyala) atau hanya di display/screen saja.
HS ini adalah hand-switch yang berfungsi untuk mengoperasikan MOV tersebut, biasanya juga dilengkapi HOA (Hand-Off-Auto). Lokasi HS bisa di field/local maupun di control-room.

Kalau superscript l/r itu kalau nggak salah singkatan dari local/remote. Superscript o/s saya kurang tahu, tapi kalau yg dimaksud o/c itu mungkin maksudnya open/close (status bukaan MOV).

Tanggapan dari rekan-rekan Milis Migas Indonesia selengkapnya :

Share This