A-312 yg saya tahu menurut ASME II Part A, adalah spec untuk material pipe baik seamless maupun welded type. Untuk yg tipe welded, menurut paragraf 6.1.3, bahwa harus dilakukan tanpa penambahan filler pengisi (maksudnya automatic single passed gitu ya….CMIIW).
Sedangkan A-240 adalah material plate (bukan pipe). Biasanya kita diperbolehkan menggunakan material plate untuk ukuran diameter pipa (misalnya untuk nozzle atau manhole) yg besar (biasanya di atas 400 mm / 16′) untuk menggantikan material pipe, karena pertimbangan ekonomis.

Tanya – engineering@asc.co.id

Dear rekan – rekan

Tolong adpisnya beda ASTM A 312 gr TP 347H dengan Pipa yang dibuat dari A 240 gr 347H ???!!!!!
ASTM A 312 juga requiring welded pipe-nya tanpa added filler metal, Apa maksud dari paragraph tersebut ?
Apa pengaruhnya bila welded pipe-nya menggunakan added filler metal ??

Terima kasih untuk reply-nya…….

Tanggapan 1 – arief d hartanto

Pak Sulis dan Pak Tarigan,

Berikut interpretasi saya setelah membaca A 312/SA 312 di ASME II part A (2001 edition);
Bab 5.1.1 ==> Bahwa untuk pipa stainless A 312 dalam pembuatannya adalah seamless dan boleh di welding, yaitu menggunakan automatic welding. Kalimat berikutnya adalah ‘… no addition filler metal in the welding operation.’ artinya tidak diperkenankan menggunakan automatic welding process lebih dari satu filler metal. Adakalanya manufacture menggunakan automatic welding process secara tandem (adanya 2 filler metal digunakan secara bersamaan dalam sekali proces welding). Mesin welding automatic yg terkini memang memungkinan secara tandem, GTAW,SAW, maupun GMAW/FCAW. Karena memang process welding tandem ini bisa lebih cepat, tetapi tentunya akan memberikan heat input yang berlebihan. Mungkin ini yg dimaksud tidak diperbolehkannya adanya tambahan filler metal. CMIIW Hal ini diperkuat ketika kita baca bab 12 tentang repair welding ==> bahwa hanya diperbolehkannya menggunakan GTAW proses saat repair dgn welding.
Sedangkan tabel 4 itu digunakan sebagai reference jika kita melakukan repair welding pada A 312 menggunakan GTAW untuk pemilihan filler metalnya (lihat bab 12.3). Artinya jika kita memilih filler metal yg tidak ada di dalam tabel tsb, maka atas persetujuan Purchaser, filler metal untuk GTAW harus dipilih dengan syarat mempunyai kandungan alloy lebih tinggi dari base metalnya. biasanya dipilih kandungan Chrom maupun Nickel-nya yg lebih tinggi dari based metal (sesuai dengan syarat2 pengelasan pada stainless steel). Tinggal kita check aja sesuai tabel 1 bahwa A 312 TP 347H kandungan chrom nya 17 – 20 % dan Nickel nya 9 – 13 % ini lah yg menjadi dasar pemilihan filler metal untuk proses las GTAW.

A 240 TP 347H adalah plate yg di roll untuk pipa. Tinggal hitung2 aja berapa diameter pipa yg optimum akan lebih ekonomis jika menggunakan plate dari pada beli pipa-nya. mungkin teman2 dari manufacture mempunyai datanya.
Demikian

Tanggapan 2 – putri anindya

A-312 yg saya tahu menurut ASME II Part A, adalah spec untuk material pipe baik seamless maupun welded type. Untuk yg tipe welded, menurut paragraf 6.1.3, bahwa harus dilakukan tanpa penambahan filler pengisi (maksudnya automatic single passed gitu ya….CMIIW).

Tetapi saya tidak menemukan spesifikasi filler metalnya khusus untuk tipe TP 347H. Saya berasumsi bahwa pipe ini hanya tersedia dalam bentuk seamless (lihat tabel 5). (Kalau ditambah filler metal, ya namanya bukan spec A-312 lagi, entah apa namanya….karena jadi tidak comply dengan ASME II / ASTM).

Sedangkan A-240 adalah material plate (bukan pipe).

Biasanya kita diperbolehkan menggunakan material plate untuk ukuran diameter pipa (misalnya untuk nozzle atau manhole) yg besar (biasanya di atas 400 mm / 16′) untuk menggantikan material pipe, karena pertimbangan ekonomis.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing lIst Migas Indonesia lainnya :