Mau tanya nih kepada para pakar PDMS, mengapa yah bisa terjadi clash antara hasil PDMS dengan keadaan sebenarnya sewaktu fabrikasi. Bukankah kalau ada clash (misalnya antara cable tray dan piping), PDMS memberikan warning ?. Sewaktu menyaksikan presentasi PDMS, terus terang saya terkagum-kagum melihat konfigurasi platform secara 3 dimensi. Kita dapat berjalan-jalan didalam platform secara virtual. Tapi begitu pekerjaan fabrikasi dimulai, nah lho.. Kok ada yang clash yah. Pusing nih kalau menghadapi masalah clash seperti ini. Apalagi electrical cable tray dan instrument cable tray sudah terisi dengan kabel-kabel. Begitu pipa riser mau dipasang, lho. kok bentrok dengan jalur cable tray ?

Tanggapan selengkapnya dari pertanyaan Bapak Swastioko Budhi dapat dilihat dalam file berikut:

Tanya – NISCONI-Budhi Swastioko

Mau tanya nih kepada para pakar PDMS, mengapa yah bisa terjadi clash antara hasil PDMS dengan keadaan sebenarnya sewaktu fabrikasi. Bukankah kalau ada clash (misalnya antara cable tray dan piping), PDMS memberikan warning ?. Sewaktu menyaksikan presentasi PDMS, terus terang saya terkagum-kagum melihat konfigurasi platform secara 3 dimensi. Kita dapat berjalan-jalan didalam platform secara virtual. Tapi begitu pekerjaan fabrikasi dimulai, nah lho.. Kok ada yang clash yah. Pusing nih kalau menghadapi masalah clash seperti ini. Apalagi electrical cable tray dan instrument cable tray sudah terisi dengan kabel-kabel. Begitu pipa riser mau dipasang, lho. kok bentrok dengan jalur cable tray ?.

Tanggapan 1 – Ridwan Rasyid

Seharusnya kalau semuanya di modelling dengan PDMS semua clash dpt dikatahui pada tahap design/engineering. Tetapi kadang karena keterbatasan manpower yg bisa operate PDMS kadang komponen2 yg sekiranya gampang/flexible untuk diubah ditahap fabrikasi tidak di modelling.

Untuk menginvestigasi kasus Pak Budhi ini :

– Coba ditanyakan ke design/engineering apakah E&I cable tray di modelling di PDMS ?
Kalau tdk di modelling ya jelas clash antar Cable Tray dan yg lainnya tidak akan terdeteksi.

Tanggapan 2 – Erwin Guci

FAB 50 % 70 % Progress – Structural ( Module ), Masuk Mech & Piping

FAB 60 %- 70 % Progress – Mech Piping, Masuk E/I

Di jamin Clash yg terjadi minimal ( Masih ada tapi sudah minimal )

Masalah nya Mech & Piping + E/I, sering jadi gawean Offshore kalo Onshore Completion nya, mandek gara gara TQ ato Proc yg gak Clear

Tanggapan 3 – Supriyono

Pak Budhi,

Betul memang PDMS akan memberikan warning pada saat 3D review.

Tetapi pertanyaanya, apakah Document yang di gunakan untuk fabrikasi (Untuk Piping Spool Drawing & Isometric Drawing) sudah sesuai dengan 3D Model terakhir di PDMS?

Biasanya menurut pengalaman terjadinya Clash pada saat fabrikasi atau pun Clash di lapangan di sebabkan document-document yang di gunakan tidak update.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia :