Snubbing unit adalah suatu sistem peralatan bertenaga hidrolik yg umumnya digunakan utk pekerjaan ‘well-intervention’ & ‘workover’. Fungsinya sama dgn workover rig konvensional, yaitu sbg alat utk well-intervention (melakukan suatu pekerjaan ke dalam sumur yg sudah ada).
Berbeda dgn rig konvensional dimana pipa keluar-masuk diangkat oleh perangkat pulley & kabel baja dikombinasikan dgn berat pipa secara gravitasi, maka di snubbing unit, tubing atau pipa dimasukan & dikeluarkan ke & dari lubang sumur dgn cara didorong/ditekan atau ditarik dgn menggunakan tenaga hidrolik. Kelebihan utamanya, pipa kerja (work strings) tidak harus berat, bisa berukuran kecil & dapat menjangkau sumur miring (highly deviated well). Kelebihan lain, pekerjaan bisa dilakukan relatif lebih cepat & mob-demobnya pun lebih singkat. Kelemahan utamanya yg berhubungan dgn safety, posisi personel/operator berada tepat di atas well-head.

Tanya – Rovicky

Adakah yang tahu apa yg dimaksud Snubbing Unit ?

Apa sajakah kemampuannya ?

Apa bedanya dengan drilling Rig ?

Tanggapan 1 – Ridwan Hardiawan

Snubbing unit dikhususkan untuk operasi kerja ulang sumur/ workover. Sama dengan sebuah rig, snubbing unit juga memiliki kemampuan hoisting tubular untuk melakukan pekerjaan pulling dan running in hole.

Untuk rig hoisting system nya menggunakan derrick/mast dengan traveling block yang naik turun dan diatur oleh drawwork yang digerakkan oleh DC motor. Sedangkan pada snubbing unit yang dipakai adalah sebuah ‘hydraulic jack’ dengan stroke sekitar 10 ft. Jika dibayangkan, kira2 seperti rotary table yang bisa naik turun. Ada 2 slip yang dipakai, satu di area ‘rotary table’ tadi dan satu lagi dibawahnya untuk mensupport berat dari pipa/tubular selama operasi pulling dan running.

Snubbing unit ini dipasang langsung diatas BOP dan beratnya ditopang oleh BOP serta outrigger ke tanah/ platform. Atau bisa juga dipasangkan di rig yang sudah ada sebelumnya. Snubbing unit bisa melakukan operasi run in hole di sumur bertekanan tanpa di kill terlebih dahulu, karena mendorong pipa masuk sumur dengan sistem hydraulic (seperti menusuk), sedang rig biasa hanya mengandalkan gravitasi. Karena alasan ini snubbing unit adalah yang paling cocok untuk operasi mengatasi semburan lumpur di Lapindo.

Snubbing unit tidak memiliki kemampuan untuk drilling dan tidak bias menggantikan fungsi dari drilling rig, tetapi bisa menggantikan fungsi dari workover rig.

Semoga bisa membantu, atau yang lain ada yang bisa menyempurnakannya lagi.

Tanggapan selengkapnya :