Select Page

Pada dasarnya perbedaan antara lube oil & seal oil adalah pada fungsi nya.
Lube oil berfungsi untuk melumasi contact area pada bearing & shaft.. pressure tergantung dari kebutuhan lube oil system as per OEM spec.. Sedangkan seal oil biasanya digunakan pada compressor sentrifugal untuk men-seal gas yang ada di dalam kompressor agar tidak masuk kedalam lube oil system yang akan mengakibatkan hi LEL pada lube oil tank..Biasanya operating pressure nya sekitar +/- 20 psig diatas suction pressure compressor..
Penggunaan lube oil biasanya sama dengan seal oil dan otomatis menggunakan reservoir tank yang sama, namun menggunakan pompa yang berbeda.

Tanya – Hijrah Tawakkal

Temen2 mailis yang baik

Saya mau nanya. apa bedanya antara seal oil dengan lube oil pada kompressor dari segi penggunaannya??
dari segi pressure setahu saya seal oil memiliki pressure yang lebih tinggi dibanding lube oil. apa benar??
apakah seal oil dengan lube oil pada kompressor ditampung di reservoir oil yang sama??
bisa g dikirimkan spesifikasi antara lube oil dengan seal oil??

terima kasih

Tanggapan 1 – Lucky Hadari

Dear Hijrah..

Secara singkat pada dasarnya perbedaan antara lube oil & seal oil adalah pada fungsi nya..
Lube oil berfungsi untuk melumasi contact area pada bearing & shaft.. pressure tergantung dari kbutuhan lube oil system as per OEM spec.. yang saya tahu pada Solar Turbine Specnya adalah 50-60 psig..
Sedangkan seal oil biasanya digunakan pada compressor sentrifugal untuk men-seal gas yang ada di dalam kompressor agar tidak masuk kedalam lube oil system yang akan mengakibatkan hi LEL pada lube oil tank..Biasanya operating pressure nya sekitar +/- 20 psig diatas suction pressure compressor..
Penggunaan lube oil biasanya sama dengan seal oil dan otomatis menggunakan reservoir tank yang sama, namun menggunakan pompa yang berbeda..

Mudah2an berguna..
Thanks.

Tanggapan 2 – Syamsul Anwar

Pak Hijrah,

Menambahkan penjelasan dari Pak Lucky, untuk lube oil fungsinya sama dengan rotating equipment lainnya seperti pompa yaitu untuk melumasi contact area bearing & shaft.

Sedangkan untuk seal-oil selain berfungsi sebagai seal yang mencegah gas proses masuk ke dalam LO system, juga berfungsi mencegah gas process leakage dari kompressornya.

Makanya aplikasi seal-oil banyak dipakai pada compressor centrifugal yang menghandle hazardous gas, kalo di plant kami diaplikasikan di syn-gas compressor & ammonia compressor.

Spesifikasi oil yang keluar dari seal-oil akan berubah karena sudah bercampur dengan gas process.

Memang untuk Lube oil & seal oil biasanya menggunakan reservoir tank yang sama tetapi khusus untuk Seal oil pada sisi outletnya dilengkapi dengan suatu sistem yang dapat memisahkan antara seal oil dengan gas proses sehingga ketika seal oil masuk kembali ke reservoir tank tidak sampai merusak spesifkasi lube oil. Biasanya sistem pemisahan ini menggunakan gas trap atau striping.

Tetapi sekarang desain compressor centrifugal untuk hazardous gas yang baru trendnya sudah tidak menggunakan seal oil lagi tetapi menggunakan Dry Gas Seal karena leakagenya lebih kecil dibanding seal oil. Prinsip dry gas seal hampir mirip dengan mechanical seal pada pompa.

Semoga dapat membantu.

Share This