Beberapa cara dapat dipakai untuk mengurangi bahaya tergelincir di tangga (tripping/slipping hazards) : gunakan bahan yang tidak licin, pasang ‘contrast color’ disisi luar undakan, memasang handrail dan diikuti aturan ‘gunakan handrail’, tangga didisain sesuai dengan standar ergonomis. (depth dan tinggi undakan).

Tanya – yessy herawaty

Salam Sejawat ,

Rekan2,

Di tempat kerja saya, ada seorang karyawan yang terpeleset dari tangga yang menyebabkan karyawan tersebut operasi. Saya ingin mengajukan agar manajemen memasang karpet atau karet yang sering saya lihat di gedung lain. Dan saya juga akan membuat poster di setiap tangga.

Yang saya ingin tanyakan :

Apakah dengan mempergunakan karpet, sudah meminimalkan terjadinya terpeleset dari tangga ?
Apa bentuk jenis karet berwarna hitam yang sering saya lihat di perkantoran lain misalnya di bank ? Dan apakah karet tersebut juga akan menyebabkan kesandung bagi karyawan ?

Atau ada tambahan solusi dari rekan-rekan.
Terima kasih atas perhatiannya

Tanggapan 1 – saiful erwan

Beberapa cara dapat dipakai untuk mengurangi bahaya tergelincir di tangga (tripping/slipping hazards):

1). gunakan bahan yang tidak licin.

2). pasang ‘contrast color’ disisi luar undakan.

3). memasang handrail dan diikuti aturan ‘gunakan handrail’.

4). tangga didisain sesuai dengan standar ergonomis. (depth dan tinggi undakan)

Semoga bermanfaat.

Tanggapan 2 – aang

Yessy

Ini mah komentar saya yang bukan orang HSE ya.

Jika diperkantoran, biasanya dipasang karet pas diujung anak tangga. karet itu kesat, jika diinjak dengan sol berbahan PE. kadang ada yang memasang alumuniun siku yang memiliki permukaan bergigi sehingga jika sepatu menginjaknya tidak licin jadinya.

Tanggapan 3 – Sutanto

Rekans ysh.,

Bangunan komersial seperti hotel, mall, perkantoran dll. Seharusnya sebelum dipergunakan ada yang namanya IPB (ijin pemakaian/penggunaan bangunan). Jika ijin sudah keluar artinya dari sisi safety sudah OK. Misalnya apakah pintu darurat sudah sesuai, tangga darurat termasuk jenis lantainya sudah sesuai, dll.

Untuk industri lebih ketat lagi, selain setiap pegawai harus menggunakan PPE yang sesuai juga sign juga harus lengkap, apalagi untuk bahan-bahan kimia berbahaya.

Tanggapan selengkapnya dari Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia: