Select Page

Gas compressor mempunyai sudu – sudu impeler yang berotasi yang menambahkan energi kinetik melalui percepatan gas dan memaksa gas untuk bergerak. Secara singkat dalam mencapai proses kompresi gas, dari impeller gas mengalir ke diffuser yang mana gas akan mengalami perlambatan namun mengalami kenaikkan tekanan. Dengan demikian energi kinetik pada gas tersebut berubah menjadi energi tekanan.

Tanya – Johny

Ingin Tanya mengenai Gas Kompressor,
Jika pengeboran yang keluar gas maka di alirkan melalui Gas Kompresor, Bagaimanakah cara kerja dari Gas kompresor tersebut ?
Jika Gas bercampur liquid cara pemisahannya bagaimana ?
Dan jika ada rekan-rekan yang mempunyai modul atau soft copy mengenai cara kerja gas kompresor, jika tidak keberatan mungkin bisa kirim email kesaya lewat Japri.

Terima kasih.

Tanggapan 1 – restoto pramuharjo

Johny,

Saya coba jelaskan ringkasnya sbb;

Fluida yg keluar dari wells biasanya adalah multi phase terdiri dari crude oil/condensate, water dan gas. Process fluid ini kemudian dialirkan menuju test separator dan HP or LP separator. Separator inilah yg memisahkan process fluid tsb. Gas dari HP/LP separator tsb menuju scrubber sebelum masuk menuju suction compressor. Jadi diharapkan tidak ada liquid carry over yg menuju compressor.

Mungkin temen2 dari process bisa menjelaskan dgn bahasa yg lebih baik.

Tanggapan 2 – E_Sa20

Kalo boleh berbagi, kompressor merupakan alat transportasi fluida (compressible fluid), ketika fluida masuk melalaui suction pipa, maka gas akan mengalami penurunan tekanan. penurunan tekanan ini biasanya diimbangi dengan meningkatnya kecepatan dari gas seiring gas tersebut masuk ke daerah impeller. Kemudian berkat gaya sentrifugal yang dihasilkan impeller, gas akan mengalir ke daerah volute, disini kecepatan gas akan menurun dan tekanan gas akan meningkat.
Kalo diliat di diagram fasa, biasanya compressor bekerja di daerah uap lewat jenuh, cos kalo di garis uap jenuh dikhawatirkan gas akan condense, n hal ini tidak diinginkan coz akan merusak compressor.
n untuk memisahkan liquid dari gas biasanya dipisahkan di knock out drum sebelum masuk compressor. kira-kira begitu mas johny.
mungkin ada temans yang lebih advance lagi.

Tanggapan 3 – Sketska Naratama

Mohon maaf,

Pertanyaan nya rada campur aduk.
Coba perhatikan & pahami skema proses mulai dari well hingga produksi, yang mana melibatkan kompresor. Insya Allah, apa yg dipahami sekarang akan beda.

Btw, jadi ingat presentasi nya KMI goes to campus yg lalu di Trisakti. Dalam presentasi tersebut, menjelaskan dasar2 didalam pertanyaan dibawah ini.

Tanggapan 4 – Rachman, Ardiansyah

Pak Johny,

Saya coba sedikit menjelaskan proses system gas compressor secara umum.

Fluid (gas) yang berasal dari well, dialirkan ke slug catcher yang terdapat di platform/process plant. Di slug catcher ini, gas akan terpisah dengan liquid, biasanya liquid ini dialirkan ke production separator untuk diproses lebih lanjut. Gas yang berasal dari slug catcher, biasanya dialirkan ke suction scrubber dari gas compressor.

Di suction scrubber ini, gas tersebut mendapat proses dehydrasi untuk menjamin agar gas yang masuk ke suction compressor dalam keadaan kering.

Di compressor tersebut, gas dikompres sehingga pressure yang keluar dari discharge gas compressor lebih tinggi dari suction pressure-nya (berdasarkan pressure compressor ratio dari jenis gas compressor dari manufacturer-nya).

Untuk mendapatkan pressure akhir sesuai dengan yang dibutuhkan, biasanya compressor akan dipasang secara serial mode, namun ini juga tergantung dari design awal gas compressor itu sendiri.

Mudah-mudahan dapat membantu….

Tanggapan 5 – Lucky Hadari

Hanya ingin menambahkan saja..

Gas compressor mempunyai sudu – sudu impeler yang berotasi yang menambahkan energi kinetik melalui percepatan gas dan memaksa gas untuk bergerak. Secara singkat dalam mencapai proses kompresi gas, dari impeller gas mengalir ke diffuser yang mana gas akan mengalami perlambatan namun mengalami kenaikkan tekanan. Dengan demikian energi kinetik pada gas tersebut berubah menjadi energi tekanan.
Pada umumnya untuk kompressor sentrifugal yang berkapasitas besar dan bertekanan tinggi, penggeraknya adalah turbin gas. Aplikasi kompressor gas sentrifugal, misalnya untuk gas lift, boosting, gas gathering, dll, yang menyangkut kebutuhan flow dan pressure ratio.
Untuk separasi gas pada operasi comp centrifugal biasanya di upstream compressor suction di pasang scrubber untuk mencegah masuknya liquid kedalam compressor, yang salah satunya dapat mengakibatkan vibrasi pada compressor (salah satu indikasinya adalah sub synch vibration spectrum).

Semoga bisa bermanfaat..

Tanggapan 6 – mohammad nurkholik

Nambahin juga:

Di tempat saya ada kompressor namanya Liquid Ring Compressor. Kompressor ini bertugas memisahkan air dan organic (vinyl chloride) selain tentu saja menaikkan tekanan si organik (main fluid). Tapi karena jasa Liquid Ring-nya (berupa air yang diinjeksikan ke ruang kompresi) maka air cair tidak masalah bagi kompressor jenis ini. Cairan yg terlalu banyak hanya akan mengurangi flowrate output (organik), tapi kalau sampe air injeksi kurang, kompressor tidak dapat bekerja (less compression). Disini, cairan air berfungsi sebagi media kompresi (kerjasama dg impeller), air cair adalah incompressible fluid.

Tanggapan 7 – Crootth Crootth

Sebaiknya di baca tulisan Cahyo Hardo di website Migas Indonesia,

Saya kira untuk para karyawan baru di perminyakan atau yang awam, tulisan tersebut sudah cukup menjelaskan

Mungkin Pak Budhi bisa membantu link nya.

Tanggapan 8 – Administrator Migas

Link-nya gampang kok, pergi saja ke www.migas-indonesia.net, lihat pojok kanan atas ada tulisan ‘download’. Klik saja tulisan download, maka akan terbuka beberapa folder yang berisikan dokumen-dokumen yang bisa di download.
Untuk tulisan Mas Cahyo, klik saja folder ‘Piping & Instrumentation Diagram’ Atau kalau mau URL nya langsung adalah :
http://migas-indonesia.net/download/123.html
Sudah di download oleh ribuan orang tuh…..

Kalau berminat dengan artikel yang lainnya, silahkan saja download sepuasnya dari folder yang lain.
Free kok…..

Share This