Oil Spill equipment merupakan peralatan penanggulangan tumpahan minyak yang wajib dimiliki oleh setiap KPS, apalagi kalau KPS tersebut beroperasi di lepas pantai.

Tanya – alberta dian

Salam kenal,

Saya baru 2 minggu bekerja di perusahaan yang memproduksi oil spill equipment, karena ini merupakan bidang yang baru bagi saya makanya saya harus banyak2 belajar tentang seluk beluk migas. Oleh karena itu saya sangat terbantu oleh adanya milis migas ini, walaupun tidak jarang ‘ketheteran’ juga mengikutinya.
Saya ditempatkan di bagian marketing, dan biasanya perusahaan minyak yang saya hubungi sudah memiliki alat-alat penanggulangan tumpahan minyak. Adakah di antara rekan – rekan yang dapat membantu saya mencari tahu tentang perusahaan minyak yang belum memiliki oil spill equipment.
Untuk informasinya, saya ucapkan terima kasih.

Tanggapan 2 – Harry Eddyarso

Mas (atau Mbak?) Berta,

Salam kenal juga 🙂

Oil Spill equipment merupakan peralatan penanggulangan tumpahan minyak yang wajib dimiliki oleh setiap KPS, apalagi kalau KPS tsb beroperasi di lepas pantai. Asumsi saya, perusahaan anda pasti memproduksi oil boom, skimmer, compressor, absorbent, dsb, betul ‘kan? Nah, setau saya kebanyakan KPS sudah punya semua alat itu, hanya soal maintenance kebanyakan dari mereka mempunyai kendala, baik dalam hal manpower, expertise maupun cost.

Nah, dengan melihat concern2 diatas, kalo saya boleh usul nih, gak ada salahnya kalo perusahaan anda ‘thinks out of the box’ dengan menjadi service provider untuk overall oil spill services. Contohnya: Di region IV yang meliputi area laut Jawa dan selat Sunda, paling tidak terdapat 3 KPS (BP West Java, CNOOC dan Pertamina), anda bisa menjadi center of services dengan memberikan pelayanan berupa maintenance, spare parts, training / pelatihan, equipment repair dsb. Para anggota (KPS) dikenakan annual membership fee untuk mengcover overhead cost anda di Jakarta. Sedangkan bila ada cost tambahan selama latihan atau during the real disaster, ada cost tersendiri. Oil Spill services yang kayak gini saat ini di cover oleh EARL (East Asia Resources Ltd) yang berbasis di Singapura, dimana beberapa major PSC sudah menjadi anggotanya (ConocoPhillips, BP, Chevron, dsb) dalam beberapa tahun terakhir ini. Nah, alangkah lebih baiknya bila services tsb anda take over dengan base di Jakarta dan kota2 besar lainnya sesuai dengan pembagian region yang sudah ditetapkan oleh BPMigas. Yang pasti biayanya pasti tidak akan semahal EARL dan proses permit / importation nya pun akan lebih cepat. This is just a thought …

Itu aja Mas / Mbak Berta, sekedar usulan dari saya, but keputusan akhir ada di tangan manajemen perusahaan anda.

Tanggapan 2 – alberta_dian

Dear Bapak Herry Eddyarso,

Wah terima kasih sekali untuk sarannya, sangat membantu saya yang masih bayi di bidang ini. Semoga bisa benar2 dilaksanakan oleh kami
semua.