Select Page

Draft sandar biasa nya tergantung dari kedalaman dari dermaga yang dituju.biasanya sebelum sandar pihak pelabuhan akan memberitahukan kedalaman dermaga melalui pilot pandu.
Untuk lebih pastinya dapat menghubungi BKI untuk mengetahui izin Draft maksimum pada saat muatan/kosong ketika memasuki pelabuhan.

Tanya – Krishna Hartono

Dear Rekans,

Mohon pencerahannya berapa minimum draft yang dibutuhkan untuk sebuah vessel/tanker dengan kapasitas 6000-7500 DWT agar dapat aman berlabuh di sebuah dermaga.
Terimakasih atas perhatiannya.

Tanggapan 1 – Efendy Juntak

Kalau masalah draft sandar biasa nya tergantung dari kedalaman dari dermaga yang dituju.biasanya sebelum sandar pihak pelabuhan akan memberitahukan kedalaman dermaga melalui pilot pandu.
Saran saya kalau mau lebih pasti coba hubungi BKI untuk mengetahui izin Draft maksimum pada saat muatan/kosong ketika memasuki pelabuhan.

Tanggapan 2 – SwissExpedition

Dear Sir,

Gravel sebenarnya berfungsi agar tdk ada genangan air dan diharapkan air berada di bawah gravel tsb. Jadi meski semua dari beton tapi tdk jaminan air gak menggenang dan dgn gravel kemungkinan ada genangan air tdk terjadi. Selama 9 tahunan keterlibatan di power generation system dan nickel mining processing distribution system saya tdak pernah perhatikan ada aktifitas buka tutup valve drain di switchyard, bahkan kebanyakan switchyard bisa menyerap air ataupun klu gak drainnya harus baik sehingga tdk ada air tergenang.
Switchyard adalah tempat dimana imbalance arus yg besar mengalir krn beban tdk seimbang or krn impulse petir baik sambaran langsung atau tidak.
Semua mengalir ke ground yg menimbulkan potential yg bisa berbahaya bagi manusia jika ada aktifitas di atasnya (ingat tegangan langkah dan sentuh), lebih bahaya lagi kalau ada air yg menggenang, ya kan….

Semoga bermanfaat, kalau ada yg kurang tepat silakan dikoreksi.

Tanggapan 3 – bambang ismoyo

Dear pak,

Gravel memang biasanya disyaratkan dipergunakan pada transformer yard. Salah satu reason adalah untuk menghindari permukaan floor yang licin akibat tumpahan oli saat pengisian dan saat maintenance. Atau juga diakibatkan terjadinya kebocoran oli trafo. Mungkin ini juga dapat dijadikan masukan pak. Trims.

Tanggapan 4 – SwissExpedition

Bisa jadi spt itu, tapi setahu saya untuk transformer indoor kita gak butuh gravel dan transformer kita letakkan pada lantai yg rata. Kebocoran pada transformer sih kalau menurut saya gak terlalu banyak dan bisa kita kontrol.
Kami sering melakukan penggantian instalasi transformer dari kapasitas terpasang 75 MVA ke 116 MVA termasuk pengisian oli, vacuum, install accesories dan kebocoran oli Alhamdulillah gak sampai mengotori lantai dan licin. Begitupun penggantian diverter switch setelah on load tap changernya beroperasi sekian counter.
Anyway gravel is not used for indoor transformer tapi menurut saya saran anda is ok.

Tanggapan 5 – Budi Raharjo

Dear Pak,

Saya lebih setuju fungsi gravel untuk membuat resistance sebesar mungkin (personal safety akibat tegangan sentuh), jarena fungsi gravel yang hanya melewatkan air, tidak menyerap. Cuma terus terang saya tidak tahu ada standar tertulisnya atau tidak.

Sedangkan untuk secondary containment trafo, valve adalah NC. Mungkin perlu dihitung agar volumenya melebihi kapasitas volume hujan, karena ditempat kami yang hampir hujan tiap hari dengan dak beton tidak pernah sampai penuh.

Share This