Select Page

Piping adalah sistem perpipaan yang pendek, dalam artian perpipaan di dalam suatu lingkup yang kecil seperti sistem perpipaan di terminal yang menghubungkan tangki dan pompa didalam satu area, sedangkan pipeline adalah perpipaan yg panjang, mentransportasikan fluida dari satu tempat ke tempat lain, dari satu terminal ke terminal lainnya.
Untuk jurusan yang berhubungan dengan itu, mungkin lebih ke arah teknik mesin dan metalurgi. tapi memungkinkan juga untuk teknik elektro atau teknik lainnya menjadi pipeline engineer .

Tanya – giant squal

Dear rekan milis..

Adakah yang bisa membantu saya tentang perbedaan pipeline engineering dan piping engineering?

Kira-kira prodi apa yang biasanya bergelut di bidang itu?
saya mahasiswa tingkat 1 dan saya tertarik dengan bidang tersebut.
saya belum masuk dalam prodi,masih dalam fakultas.
dan di fakultas saya,ada 7 prodi.
perminyakan,pertambangan,metalurgi,geologi,geofisika,oseanografi,meteorologi.
mungkin ada yg bisa memberi informasi ttg prospek kedepan dari masing2 prodi tadi menyangkut bidang migas baik di hulu ataupun hilir.

terima kasih.

Tanggapan 1 – Teddy

Yuda,

Untuk scope dari code antara pipeline dan piping, bisa di cek di halaman depan ASME 31.3 dan ASME 31.4 sebagai ilustrasi saja.
Dari segi teknis, saya tidak begitu menguasai secara detail mengenai pipeline, tapi yang jelas ada 2 cabang lagi yaitu onshore dan offshore (subsea), yang didalamnya mengandung interaksi dengan tanah/seabed tempat si pipeline duduk, dan wave (offshore) termasuk juga teori kestabilan dan pipelay. Prinsip2 heat and mechanics berlaku juga di pipeline, karena sebagaimana umumnya material yang terekspose heat transfer akan berekspansi atau berkontraksi. Kenapa dibedakan antara piping dan pipeline pun sebenarnya karena prinsip ‘distribusi dan transmisi’, yang secara implicit mengandung arti ‘jarak yang relatif jauh dan terpisah’ dari satu fasilitas ke fasilitas lain (plant to plant).
Sedangkan piping, dia juga sebenarnya adalah ‘wahana distribusi dan transmisi’ tetapi masih berada di dalam satu fasilitas pemroses yang sama, dan tersegmentasi oleh jarak yang relatif pendek. Umumnya secara mekanik, tidak bersentuhan langsung dengan tanah karena di support lagi oleh pipe support system, tidak mengenal pipelay, karena fabrikasi relatif tidak panjang dengan sistem spool.
Seperti misalnya flare pipe, di fasilitas onshore, bisa saja si flare header nya ke flare tip berjarak puluhan meter, tapi karena dia secara intrinsik berada dalam scope nya fasilitas yang sama (plant) maka dia tidak dikategorikan sebagai pipeline…
Secara thermal mekanik, dalam hal desain, piping lebih banyak dibatasi oleh keterbatasan ruang, lay out yang terintegrasi dengan desain proses dan equipment secara keseluruhan, structural system, dan mempengaruhi efisiensi fungsional antar unit yang berbeda.
Sementara pipeline juga tidak kalah menarik, karena dia mencakup juga unsur2 sosial, geo-politik dan ekonomi dari tempat2 yang dia singgahi dan lewati, sehingga mengandung implikasi yang tidak sedikit jika desain dan optimisasi nya tidak hati-hati.
Demikian semoga membantu, lebih atau kurangnya silahkan yang lain mengkoreksi.

Tanggapan 2 – Teddy

Saya tambahkan lagi sedikit.

Dari segi perhitungan wall thickness dan desain secara keseluruhan, mengingat dan mengacu bahwa, akibat/resiko kegagalan pipeline tergantung pada spesifi kondisi lokasi yang dia lewati (tingkat okupasi, dsb), dan di asumsikan bila terjadi failure tidak beresiko ‘menghancurkan’ plant secara katastropik, plus selisih wall thickness yang terlalu konservatif akan menghaslikan cost proyek yang dramatis (karena jarak), maka umumnya bisa dikatakan, piping dirancang lebih konservatif dengan margin correction dan safety factor yang lebih tinggi. Bisa dibandingkan mengenai hal ini an sich dari masing2 CODE.

Tanggapan 3 – Jeffri Sandy

Mohon koreksi dari temen2 yg lain…

Piping = sistem perpipaan yg pendek, dalam artian perpipaan di dalam suatu lingkup yang kecil seperti sistem perpipaan di terminal yang menghubungkan tangki dan pompa didalam satu area.

Pipeline = perpipaan yg panjang, mentransportasikan fluida dari satu tempat ke tempat lain, dari satu terminal ke terminal lainnya.

Untuk jurusan yg berhub. dg itu, mungkin lebih ke arah teknik mesin dan metalurgi. tapi memungkinkan jg untuk teknik elektro atau teknik lainnya menjadi pipeline engineer 🙂

Pada dasarnya semua jur berprospek koq 🙂

Tanggapan 4 – mohammad nurkholik

Nimbrung ya,

piping & pipeline engineering:

Ilmu dasar yang paling dekat adalah mekanika fluida & transport phenomena.
Disiplin ilmu yang belajar tentang ilmu dasar ini (plus engineering-isasi)setahu saya adalah teknik
mesin, teknik kimia, teknik perminyakan, teknik fisika, teknik sipil. Jadi kalo di teknik elektro sih kayaknya gak belajar ilmu ini (bisa dilihat di silabus kurikulum S1 di hampir semua PT). Malah Fisika (MIPA) belajar lebih detil walau tanpa engineering-isasi.

Ya, itu kalo mau based on background. Bisa saja anak jurusan teknik lain belajar jadi piping/pipeline engineer, tapi ya menurut saya ‘driving force’ akan lebih sulit menjadi expert.

Tanggapan 5 – Firman Susilo Hidayat

Mungkin sebagai tambahan jurusan Teknik Sistem Perkapalan(Marine Engineering) juga bisa jadi pipping engineer karena kita diajarkan mendesain sistem perpipaan pada kapal, juga jurusan Teknik Kelautan (Ocean Engineering) juga bisa jadi pipeline engineer karena mereka juga diajarkan sistem perpipaan bawah laut.

Tanggapan 6 – tarawibowo

Halo…Rekan2 Migas,

Saya ingin sedikit menjelaskan perbedaan Piping engineering dengan pipeline engineering.
Dik Pras umumnya Piping engineering itu berkisar pada pendesainan pipa di bagian plant seperti operating facility, refinery atau petrochem plant. Kalau boleh di bilang yah.. kita mendesain perpipaan untuk satu site tertentu.

Sedangkan buat pipeline itu kita mendesain perpipaan dari satu site ke site lainnya…

Kalo soal prodi saya juga gak tahu pasti ya…, wong saya saja asalnya dari teknik mesin.., tapi ada juga teman yand dasarnya dari teknik metalurgi… Karena boleh di bilang Piping ini gak ada Prodi nya tapi pekerjaannya ada.. he..he..

Sekian dari saya mungkin ada teman2 yang lebih senior yang bisa menjelaskan lebih detail lagi..

Share This