Select Page

Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan dalam pengelasan Titanium: Kebersihaan ruangan & temperature ruang sedapat mungkin ber AC dan dilengkapi alat semacam ‘dust collector’; pemilihan diameter nozzel TIG ( Ø besar ) dan ditambah Thrilling shielding gas selain adanya purging gas, purity of Shielding Gas yg digunakan; mengenali colour code sewaktu mengelas, Heat Input yg besar akan nampak ‘violet’ pada warna pengelasannya, dan harus dihindari; interpass heating control and kebersihan interpass. (tidak boleh tergesa-gesa); selain itu semua alat yg digunakan harus’ iron free’.

Tanya – Ngurah Suwiardana

Bpk2 yth..

Saya mohon pencerahan mengenai pengelasan plate Titanium join dengan plete mild steel.
Saya sudah gunakan TIG weld…dengan rod titanium tetapi selalu gagal, mohon saran untuk ini
Terimakasih

Tanggapan 1 – BKC1291@cc.m-kagaku.co.jp

Yth Bp. Ngurah,

Setahu saya antara Ti dan Steel tidak bisa di sambung dengan cara dilas.

Tanggapan 2 – Agus Setijono

Dear Pak,

Dalam pertanyaan bapak, ada yg masih kurang jelas tentang type material Mild Steel yg akan disambung ke Ti. Review dari Mill certificate akan sangat mempengaruhi mengelasan dissimilar material. Mungkin ada unsur2 yang memang tidak bisa bercampur dengan Ti, jadi materialnya itu memang memiliki weldability yg rendah.

Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan dalam pengelasan Titanium, dalam sepengetahuan saya:

1. Kebersihaan ruangan & temperature ruang sedapat mungkin ber AC dan dilengkapi alat semacam ‘dust collector’.

2. Pemilihan diameter nozzel TIG ( Ø besar ) dan ditambah Thrilling shielding gas selain adanya purging gas.

3. Purity of Shielding Gas yg digunakan.

4. Mengenali colour code sewaktu mengelas, Heat Input yg besar akan nampak ‘violet’ pada warna pengelasannya, dan harus dihindari.

5. Interpass heating control and kebersihan interpass. (tidak boleh tergesa-gesa)

6. Selain itu semua alat yg digunakan harus’ iron free’.

semoga membantu,

Tanggapan 3 – Zulfahmi

Bpk Ngurah,

Kombinasi bahan atau dissimilar Metal yang bapak las tidak mungkin dapat disambung dengan pengelasan langsung.

Saran saya mungkin design sambungan nya dirobah sehingga mild steel tidak secara langsung berhadap hadapan (mungkin dibuat overlap dan menggunakan pin-pin). atau bapak pakai material perantara.

Masaalah ketidakcocokan metal (metal incompatibility) kadang kadang dapat diselesaikan dengan menggunakan cincin metal pengisi (filler metal shim) atau dengan cara pengelasan masing masing metal bersangkutan dengan mempergunakan bahan transisi yang cocok (compatible transition piece) atau lazim disebut buttering.

Atau cara explosive bond (tidak dilas).

Saran ini tanpa saya tahu, pengelasan ini untuk apa, juga alasan pemilihan materialnya , atau mungkin sekedar coba coba.

Selamat mencoba.

Tanggapan 4 – joni hasto saputro

Bli Ngurah

Terlampir chart pengelasan dissimiliar materials
Saya hanya sedikit menambahkan dari apa yang telah disampaikan oleh rekans yang lain dimana Ti akan sangat sulit dilas dengan Cs ( Mild steel ) meski sudah memakai proses GTAW.

Ti bertemu Ti sendiri juga memerlukan treatment khusus seperti yang dijelaskan Mas Agus dan salah satu technique untuk pengelasan dissimiliar material menggunakan shim juga telah direkomendasikan oleh P Zul dari Cilegon.

Mungkin pertanyaan dan pernyataan Bli Ngurah yang harus di perjelas agar dapat ditemukan root case dan problem solving tentunya seputar pengelasan Titanium.

Attachment : Dissimiliar Weldability

Share This