Teori dasar yang menyebabkan terjadinya Api/Ledakan adalah terjadinya ‘Segitiga Api (Fire Triangle)’ yg terdiri dari kombinasi 3 komponen, yaitu : Oksigen ; Fuel = Combustible or Flamable Material (Solid, Liquid & Gas/Vapor) ;Heat = Fire Point dr Fuel (Temperatur sedikit diatas Flash Point)

Pembahasan – Budhi, Swastioko (Singgar Mulia)

Ada kiriman menarik dari Mas Manik mengenai kecelakaan sewaktu charging HP. Kejadian ini bukanlah yang pertama kali terjadi, karena sebelumnya di Milis Migas Indonesia sudah pula diforward kejadian yang hampir sama, salah satunya adalah yang saya lampirkan di attachment.

Dear All,

Cuma mau share pengalaman hari ini yang terjadi di temenku di kantor, supaya bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua dalam penggunaan Handphone.
Pagi ini temanku charging Handphone Nokia CDMA-nya, dalam keadaan OFF! Alias tidak dihidupkan sama sekali…..dan di taruh di atas meja kerjanya. Tiba-tiba HP itu terjatuh ke karpet dan pada saat temanku mau ngambil Hpnya tiba2 HPnya meledak! Asli bener2 meledak, ada percikan api dan muncul asap yang lumayan banyak dan cukup bikin kaget Bapak2 Bos di lantai ini. Posisi HP waktu meledak itu ada di dalam genggaman tangan temenku, sangking kencengnya ledakan sampe bikin tangan temenku mati rasa sesaat.
Yang bikin bingung….HP itu di charge dalam keadaan mati loh….tapi kenapa masih bisa meledak….???? Untuk selanjutnya untuk kita semua supaya bisa lebih berhati-hati kali ya…..
Atau ada yang bisa bantu jawaban mengenai masalah ini?

1. Rongsokan HandPhone setelah meledak

2. Tangan temenku pasca meledak HPnya langsung di oleh pasta gigi supaya tidak melepuh

3. Serbuk hitam yang keluar dari battery…..

Tanggapan 1 – rustam saleh

Mungkin ada kaitannya dgn static electricity barangkali, temanku pernah alami note booknya meledak dan ada small arc dari tangan ke notebook tsb….
Atau bisa juga karena battery failure seperti kejadian notebook DEXX or IBX (klu gak salah) yg beritanya tersebar di milist beberapa waktu lalu meledak krn battery failure sehingga manufaktur menarik battery type tsb dgn design baru.

Tanggapan 2 – Crootth Crootth

Dear All,

Besar kemungkinan kalau HPnya terjatuh di atas rumput (di luar ruangan) ledakan mungkan tidak terjadi karena humidity yang tinggi dan terdapatnya partikel partikel udara terionisasi di luar ruangan.

Most likely hal itu terjadi karena electrostatic (musti dilakukan studi forensic mendalam untuk sampai ke kesimpulan ini),

Tanggapan 3 – Novita Dwi. Soesanti

Ingin mengomentari penanganan pertama pada luka bakar, menurut pengetahuan saya, penanganan pertama luka bakar yang tepat adalah dengan menyiram luka bakar tersebut dengan air sejuk/dingin yang mengalir secara terus menerus (sampai rasa sakit agak hilang). Hal tersebut untuk mencegah agar panas tidak menjalar ke bagian kulit yang lebih dalam, yang akan memperparah kondisi luka bakar tsb.

Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia bulan Mei 2007 selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut :