Select Page

Ada beberapa point yg mungkin perlu dipertimbangkan dalam menggunakan centrifugal pump untuk sumur injeksi ? 1) apakah diperlukan mengatur volume / flow ( flow control ) dipompa itu sendiri, 2) delta pressure ( P inject – P line cukup besar ), 3) minimum flow criteria pada centrifugal pump, 4) jenis chemical hrus sesuai dng wetted part pompa, 5) flow rate chemical injection cukup kecil, apakah kondisi ini dalam effisiensi yg bagus pd centrifugal pump, 6) head loss pada chemical tubing line berapa, dsbnya.

Tanya – Christiono S Wibowo

Mohon pencerahannya, pompa injeksi sumur biasanya menggunakan pompa triplex/Duplex. Namun karena ada permintaan dari salah satu customer kami, mungkinkah pompa centrifugal digunakan untuk injeksi ke sumur injeksi ? Secara teori pompa jenis low flow pump memungkinkan untuk melakukan itu.
Adakah dari bapak bapak yang memiliki pengalaman menggunakan centrifugal pump untuk sumur injeksi ?

Tanggapan 1 – haris kurnianto

Sy sedang pasang type centrifugal, tapi sorry kita kontraktornya doank.
BTW apa masalahnya pak???
Sorry pak lewat jalur umun, next lewat japri sj pak.

Tanggapan 2 – Christiono S Wibowo

Pak Novilham

Memang dari sisi harga pasti lebih mahal, dan itu sudah di ketahui oleh customer kami. Jadi dari sisi teknis centrifugal pump multi stage capable ya pak untuk injection pump?
Kalau boleh tahu sudah pernah ada yang menggunakan type ini di mana ya pak ?
Dan terimakasih atas penceahannya

Tanggapan 3 – Hari Subono

Salam semuanya,

Barangkali rekan-rekan di ConocoPhillips dapat membantu, saya pernah melakukan field trial di Puyuh -Ramba, Sumatera Selatan. Di sana mereka menggunakan dua jenis pump sebagai injection pump mereka, yaitu piston pump dan rotary pump, namun seringnya mereka menggunakan rotary pump.

Pressure yang dicapai oleh rotary pump tersebut hingga 900 psi.

Semoga bermanfaat.

Tanggapan 4 – hadiwinoto soedar

Pak,

Beberapa point yg mungkin perlu dipertimbangkan : 1. apakah diperlukan mengatur volume / flow ( flow control ) dipompa itu sendiri, 2) delta pressure ( P inject – P line cukup besar ), 3) minimum flow criteria pada centrifugal pump, 4) jenis chemical hrus sesuai dng wetted part pompa, 5) flow rate chemical injection cukup kecil, apakah kondisi ini dalam effisiensi yg bagus pd centrifugal pump, 6) head loss pada chemical tubing line berapa, dsbnya.

Saya kira ada rekan corrosion engineer yg bisa share lebih detail.

Oke, smg bermanfaat

Share This