Select Page

Dioxin adalah nama untuk suatu komponen 210 organik yang memiliki 2 cincin benzene. Cincin benzene ini memiliki cincin lagi berupa atom oxygen, kalo ada 1 oxygen maka disebut dibenzofuran, kalo 2 maka dibenzodioxin. Dari 210 jenis itu hanya ada 17 jenis komponen dioxin dan molekul furan yang benar2 beracun!

Pembahasan – Ardian Nengkoda

Pada bulan September 3 tahun yg lalu, sebenarnya, telah dilakukan pertemuan yg disponsori oleh IPCS tentang bagaimana melakukan analisa cara cepat tentang kadar Dioxin di dalam makanan atau suatu sample. Mereka bersemangat mencoba melakukan sosialisasi mengingat begitu berbahayanya si Dioxin.

Dalam bentuk partikulat gas, doi mampu menyebabkan kanker dan sifat stress pada manusia, gas ini ngendon di alam bertahun-tahun dan tidak mungkin hilang. Dioxin mencemari tanah, tumbuhan dan sumber air, lalu seterusnya masuk ke dalam rantai makanan dan mungkin nongkrong dalam tubuh manusia. Di tahun 80-an sampe sekarang, EPA mencatat level dioxin telah menurun 80% di US.

Inget gak? Pada tahun 1996 yang lalu di Indonesia pernah heboh susu yang mengandung Dioxin. Bahkan tahun 99, salah satu jenis imunisasi anak balita dicurigai mengandung dioxin.

Apa itu Dioxin?

Dioxin adalah nama untuk suatu komponen 210 organik yang memiliki 2 cincin benzene. Cincin benzene ini memiliki cincin lagi berupa atom oxygen, kalo ada 1 oxygen maka disebut dibenzofuran, kalo 2 maka dibenzodioxin.

Dari 210 jenis itu hanya ada 17 jenis komponen dioxin dan molekul furan yang benar2 beracun!

Nah metode analisanya atau metode risk assessment jadi agak2 rumit dan perlu standar yg sama. Umumnya metode risk assessment ‘toxic activity’ dioxin dan furan memakai metode factor berat yang disebut dengan toxic equivalence quotient (TEQ) dan toxic equivalence factors (TEF).

Dari mana Dioxin berasal?

Doi berasal dari pembakaran sampah, incinerator, industri pulp dan sintesa chemical. Yang paling dahsyat toxicnya adalah jenis: 2,3,7,8-tetrachlorodibenzodioxin and 1,2,3,7,8-pentachlorodibenzodioxin (disingkat PCB).

Skala lab, dioxin bisa diidentifikasi lewat gas chromatography jenis capiler atau lewat bioassay.

Dalam laporan terbarunya EPA bilang, lebih dari 50% exposure manusia adalah berasal dari tanah yang terkontaminasi, nah ini dikhawatirkan mengandung PCB yg liquid. Apalagi tanah adalah tempat tumbuhan2 tumbuh dan kemungkinan dimakan oleh manusia.

Hehehhehehe…hati2 ama Bioremediasi:) Jgn makan buah-buahan di atas area ini, hiiiii….

Beberapa bulan lalu, saya pernah ketemu orang KLH, yg aseli OK punya dan dia bilang bakar membakar sampah di area migas is prohibited karena isu Dioxin ini! Lalu di luaran sana kepiye?

Bahan bacaan:

http://www.who.int/ipcs/assessment/dioxins/en/

http://pubs.acs.org/hotartcl/tcaw/00/jul/cooke.html

Next saya akan cerita pengalaman melakukan TEQ dan TEF

Share This