Kandungan kimia solar industri boleh jadi TIDAK SAMA dengan solar-solar yang dijual untuk umum. Silahkan ambil sample lalu analisa dgn GC/MS Scan. Solar industri itu kebanyakan (umumnya), minyak tanah industri atau minyak diesel. Produk Pertamina menyebutkan jenis: Automotive diesel oil–> untuk kendaraan. Untuk Industri adalah Industrial diesel oil dan marine fuel oil.

Tanya – Lina butet

Selamat siang semuanya….

Saya lina, mau tanya tentang kandungan kimia solar industri itu sama atau tidak ya
dengan solar-solar yang dijual untuk umum?

Tanggapan 1 – Ardian Nengkoda

Saya jawab aaaah…

Kandungan kimia solar industri itu sama atau tidak ya dengan solar-solar yang dijual untuk umum? —> Boleh jadi TIDAK SAMA, silahkan ambil sample lalu analisa dgn GC/MS Scan. Di jual umum, sebelah mana? Yg resmi saat ini yaa di SPBU/ pemasarannya Pertamina.

Orang salah kaprah kadang kala. Solar industri itu kebanyakan (umumnya) minyak tanah industri atau minyak diesel. Produk Pertamina menyebutkan jenis: Automotive diesel oil–> untuk kendaraan. Untuk Industri yaa Industrial diesel oil dan marine fuel oil.

Tapi begitu banyak oplosan-oplosan.

Solar, minyak tanah, ataupun BBM itu adalah ‘finished product’ hasil refinery/pengilangan dgn pemisahan boiling pointnya. Misalnya: Boiling range: 0 itu u/ gas LPG, 0-180 itu light destilates: motor/ aviation spirit, 180-350: middle distillates seperti kerosene, aviation turbine, gas oil, diesel oil. Yang 350: residue u/ fuel oil dan bitumen.

Anda boleh cek ke Pertamina DOH Pemasaran untuk minta keterangan spesifikasi lebih lanjut (SG, Cetane number, pour point, sulphur content, etc.) Anda juga bisa buka link ini:

http://www.pertamina.com/indonesia/head_office/hilir_ppdn/product/prd_solar.html