IPCS didirikan pada tahun 1980 oleh ILO, UNEP dan WHO berkaitan dengan chemical safety. Nah ke 3 badan dunia ini sama2 sadar melihat we live in chemistry world! Dan ada potential hazard atau risk dari bahan-bahan kimia. Coba perhatikan: Ada risk dgn makanan, bisa jadi ada dunia kerja manusia yg berhubungan secara langsung/ tidak langsung terhadap bahan kimia, kita juga bicara masalah toxicology, bahaya pestisida, dan seabreg masalah kimia yang berhubungan dgn manusia dan lingkungannya.

Pembahasan – Ardian Nengkoda

All,

Judulnya dibuat bingung. BCG bukan Buruan Cium Gue tapi ‘Bukan Chemical Gue’ nah yg IPCS nya adalah: International Programme on Chemical Safety.

Apa hubungannya?

Begini, IPCS didirikan pada tahun 1980 oleh ILO, UNEP dan WHO berkaitan dengan chemical safety. Nah ke 3 badan dunia ini sama2 sadar melihat we live in chemistry world! Dan ada potential hazard atau risk dari bahan-bahan kimia. Coba perhatikan: Ada risk dgn makanan, bisa jadi ada dunia kerja manusia yg berhubungan secara langsung/ tidak langsung terhadap bahan kimia, kita juga bicara masalah toxicology, bahaya pestisida, dan seabreg masalah kimia yang berhubungan dgn manusia dan lingkungannya.

IPCS membawakan semangat:

1. Safe use of chemicals

2. To strengthen national capabilities and capacities for chemical safety

Bagaimana caranya? Ya lewat pursuing science dan edukasi. Organisasi ini Sharing bagaimana melakukan chemical risk assessment, poison prevention and management, memberikan pendidikan pada anak akan bahaya chemical, standard acuan labeling chemical, de el el…

Sedih rasanya jika suatu bahan kimia yg di ofer kepada konsumen tdk ada keterangan ingredientnya sama sekali, lalu bilang: Bukan Chemical Gue siiiih….

Coba main ke: http://www.who.int/ipcs/en/

Ada cara cepat melakukan assessment DIOXINE tuuuh….

Semoga bermanfaat. Nanti saya janji cerita lagi.