Untuk pengambilan sample Oli Trafo usahakan jangan ada buble, atau kotoran saja pada tabungnya, utk menghindari buble usahakan tabung dlm posisi miring dan gunakan tabung baru yg betul-2 bersih dan tertutup. Flushing terlebih dahulu dgn oil utk mencuci tabung sebelum mengisinya dan tutup rapat hingga dikirim ke lab. Bisanya test oil kami kirim ke manufakturer tranformernya or independent lab 1 bulan delivery + 2 weeks lab ananlysis + 2 week getting information from lab…yah 2 bulanan. MUNGKIN 2 BULAN bisa jadi acuan.

Tanya – novi-mel@trada

Dear rekans milis,

Mohon dibantu untuk pencerahannya, mengenai Oli Trafo.

Khususnya untuk dielectric strenght dan water content,

1. Dielectric strenght itu parameter yang menyatakan apa…?

2. Umumnya apa yang menjadi penyebab turunnya di electric strenght…?

4. Untuk pengambilan sample Oli Trafo apa ada methoda khususnya sehingga ada semacam expire date untuk sample yang akan di uji…?

5. Naiknya water content biasanya disebabkan oleh apa…?

6. Lalu dampaknya apa jika terjadi penurunan qualitas dari Oli Trafo secara keseluruhan ini..?

Terima kasih atas responnya.

Tanggapan 1 – andi

Dear Novi-Mel,

Saya punya transformer maintenance guide tapi file-nya lumayan besar, coba saya tanya Mas Budhi apa bisa di upload atau di masukkan ke download section di Migas-Indonesia.net.

Sekilas saya bila gambarkan kalo umur trafo gak lebih dari umur selulosa, kertas pembungkus lilitan di dalam trafo.

Penyakit utama : water in oil, alkalinity, disolve gas – O2, CO2, dsb
Pola cuci oli trafo secara ‘infus’ memang bisa menurunkan kandungan air, particle pada oli, tapi yang terbaik infus ini terpasang & bekerja kontiyu pada trafo + tap changer dengan kemampuan tambahan ‘degassing’ (buang disolve gas di oli).

CMIIW & semoga membantu.

Tanggapan 2 – Administrator Migas

Mas Ibnu,

Terima kasih atas kirimannya. Karena attachment berukuran 1.4 MB, maka otomatis tidak bisa saya forward ke milis. Sebagai gantinya, sudah saya letakkan di www.migas-indonesia.net, halaman ‘download’, folder ‘Attachment Milis Migas Indonesia’. Bagi anggota yang membutuhkannya, silahkan didownload dari folder ini atau dengan URL langsung adalah http://migas-indonesia.net/download/293.html. Anda juga bisa mendownload dokumen-dokumen yang lainnya.

Tanggapan 3 – rustam saleh

Sedikit tambahan tentang transformer…

Dear rekans milis,

1. Dielectric strenght itu parameter yang menyatakan apa…?…
Parameternya adalah tegangan breakdown (kV) dimana oil ditest insulation breakdownnya menggunakan insulation breakdown test dgn elektroda pada jarak 2.5 mm, lalu diaplikasikan tegangan yg terus naik hingga batas breakdown dari oli tercapai, Kebanyakan oli akan trip pada 60 kV (spt oil transformer yg kami pakai di sini Nynas Nitro GBX)

2. Umumnya apa yang menjadi penyebab turunnya di electric strenght…?
Penurunan dielektrik strenght krn adanya water content, carbon etc dlm oil

3. Normal penurunannya berapa besar per waktu tertentu…?
Tergantung transformenya apa transformer dioperasikan on load or not off load, utk transformer arc furnace penurunannya bisa cepat….dalam enam bulanan atau setahun sdh mengalami perubahan dan perlu treatment, krn treatmentnya butuh waktu lama sehngga kita gunakan on line purifier. Utk trafo off load penurunannya tentunya lebih lama…

4. Untuk pengambilan sample Oli Trafo apa ada methoda khususnya sehingga ada semacam expire date untuk sample yang akan di uji…?
Utk pengambilan sample usahakan jangan ada buble, atau kotoran saja pada tabungnya, utk menghindari buble usahakan tabung dlm posisi miring dan gunakan tabung baru yg betul-2 bersih dan tertutup. Flushing terlebih dahulu dgn oil utk mencuci tabung sebelum mengisinya dan tutup rapat hingga dikirim ke lab. Bisanya test oil kami kirim ke manufakturer tranformernya or independent lab 1 bulan delivery + 2 weeks lab ananlysis + 2 week getting information from lab…yah 2 bulanan. mUNGKIN 2 BULAN bisa jadi acuan…

5. Naiknya water content biasanya disebabkan oleh apa…? Water content terjadi krn pemanasan yg terjadi di dlm transformer akibat insulation degradation, small arc, etc dlm transformer

6. Lalu dampaknya apa jika terjadi penurunan qualitas dari Oli Trafo secara keseluruhan ini..?
Dampaknya trafo akan mengalami kerusakan insulation yg parah shg short circuit terjadi antar winding, winding to ground, etc.

Saya punya file excel tentang oil transformer apakah kondisinya bagus atau tdk, kapan kita treat, etc.
Mudah-2an 40 kB bisa diterima oleh Pak Budi…

Tanggapan 4 – novi-mel@trada

Dear Pak Rustam Saleh dan Pak Ibnu,

Terima kasih atas pencerahannya,

Apa bisa minta tolong untuk di forward yang file excell 40kB dari pak Rustam.

Terima kasih Pak.

Tanggapan 5 – M. Lutfi Tjahjadi

Menyatakan kekuatan dari oli trafo untuk menyekat rambatan aliran listrik di antara keping-keping lilitan.
Kandungan polutan (debu, air) dan karbon akibat oli terpapar temperatur tinggi.
Saya belum hafal tingkat penurunannya, tapi disarankan setahun sekali diperiksa.
Sampel oli harus betul-betul terhindar dari kemungkinan terkontaminasi debu dan uap air, karena sifatnya yang sangat higroskopis. Kontaminasi saat pengambilan sampel berakibat mis-interpretasi hasil pengetesan dielectric strength.
Ruang oli kemungkinan kurang kedap udara.
Dielectric strength akan menurun, berikutnya mengakibatkan tegangan tembus di trafo meningkat dan pada akhirnya akan mengakibatkan short circuit karena oli kehilangan sifat penyekatnya.

Semoga berkenan,