Select Page

Metode yang umum dipakai untuk mendapatkan nilai Corrotion Rate (CR) diantaranya , menggunakan corrosion coupon yang dipasang dalam suatu system yang terkorosi dalam waktu tertentu kemudian dicabut secara hati2,dibersihkan dan ditimbang sebelum dan sesudah dibawa keluar system. Dari selisih berat yang hilang itu dapat diketahui corrosion rate.Metode ini yang umum digunakan untuk mendapatkan nilai corrosion rate.

Tanya – Syahrizal Mustafa

Dear all,

Apakah ada cara/alat/teknik untuk mencari nilai Corrotion Rate (CR)? Yang saya tahu biasanya dilakukan dengan formula (t_awal – t_akhir)/years.

Dari formula diatas jelas bahwa untuk mengetahuinya harus ada 2 keadaan thickness yang diukur dalam kurun waktu tertentu.

Apa ada alat yang begitu dipakai langsung bisa tahu berapa CR-nya. Atau mungkin tidak dengan pendekatan proses, artinya kita combine beberapa parameter misalnya temp, humidity, fluid content, material wall yang akan dihitung, dll. Pokoknya tanpa melakukan pengukuran.

Sorry kalo pertanyaannya rada gimana gitu. Lha wong saya bukan dari chemical. Thanks anyway.

Tanggapan 1 – Swastioko, Budhi

Yang anda ketahui itu adalah Corrosion Coupon, dimana memang harus ada penimbangan berat dalam kurun waktu monitoring (weight loss coupons). Kalau yang online adalah dengan menggunakan Corrosion Probe. Data pengukuran bias dilihat di Data Collection Unit atau PC. Probes ada bermacam-macam diantaranya : Electrical Resistance, Linear Polarisation Resistance, Galvanic Monitoring Probes, dll.

Tanggapan 2 – Harlion N. Bahar

Misalnya temp, humidity, fluid content, material wall yang akan dihitung, dll. Pokoknya tanpa melakukan pengukuran. Tanpa pengukuran ? Anda bisa lihat tabel di salah satu hand book Corrosion antara lain dari NACE, pada tabel tsb cari metal vs liquid.

Tanggapan 3 – Ardian Nengkoda

Selamat Pagi Kang Ijal tea,

Ada tuh alat yg namanya Remote Data Collection Systems (RDC).

Bagaimana prinsip kerjanya? Doi dihubungkan dgn corrosion probe yg dipasang online di suatu tempat. Nah corrosion probe ini akan memberikan sinyal kepada RDC jika terjadi metal lost.
Pembacaannya bisa diset berdasarkan interval waktu yg kita inginkan. Yg dibaca: metal lost dan T (lalu ketahuan Corrosion rate-nya) dan biasa ditampilkan dlm user friendly windows jika kita download ke PC.

Salah satunya Coba main2 ke www.corrpro.com

Tanggapan 4 – Syahrizal Mustafa

Sebagaimana yang dikomentari Kang Adrian dan Mas Budhi. OK, kalau begitu probenya harus dipanteng terus di suatu titik lalu perubahannya dimonitor via PC secara on-line.

Yang saya coba bayangkan semacam pengujian menggunakan Ultrasonic (UT) dimana sekali sense kita bisa tahu berapa thicknessnya. Nah kalo ini yang kita cari CR-nya, dengan sekali sense atau test.

Rasanya impossible ya? Tapi itulah sejujurya pertanyaan saya, sorry kalo rada ngaco. Who knows ada yang terpancing dan tertantang membuat alat tersebut, atau sudah ada?

Tanggapan selengkapnya :

Share This