Select Page

Material A564 Gr.630 tergolong stainless steel degn kandungan Cr mencapai 16% (syarat min. utk stainless adalah 10,5% Cr atau 12% Cr — ada bbrp versi).
Untuk bbrp aplikasi bisa juga pada temperatur tinggi.

Tanya – Ronald Siswanto

Dear All,

Mohon pencerahannya dari teman-teman milis! Material A564 GR 630 (1075) termasuk kategori apa? Apakah Stainless Steel atau metal? Karena material yang saya tanyakan mengalami korosif. Terima kasih atas bantuannya!

Tanggapan 1 – Irfan Aditya

Pak Ronald,

Sedikit saya bisa sharing.

Material A564 Gr.630 tergolong stainless steel degn kandungan Cr mencapai 16% (syarat min. utk stainless adalah 10,5% Cr atau 12% Cr — ada bbrp versi).
Untuk bbrp aplikasi bisa juga pada temperatur tinggi.

Masalah korosi yg dialami pak Ronald mgk perlu diperhatikan lagi unsur corrodent nya apa saja dan juga temp. punya andil utk korosi. Shg bisa dikaji apakah grade material tsb cocok utk aplikasi yg diinginkan.

Tanggapan 2 – Ronald Siswanto

Dear Pak Irfan & Pak Winarto,

Terima kasih atas responsenya yang sangat cepat dan memberikan pencerahan bagi saya. Saya sharing sedikit bahwa permasalahan tersebut terjadi pada Contol Valve yang kami pasang di Offshore. Pada bagian stem mengalami korosif, sedangkan material yang dipergunakan adalah A564 GR 630 (1075). Mungkin seperti yang bapak-bapak telah jelaskan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti unsur corrodent, temp, & material yang bersentuhan.

Tanggapan 3 – ir_winarto

Dear R Siswanto,

Untuk informasi Bapak sbb :

ASTM A564/A564M-04 ‘Standard Specification for Hot-Rolled and Cold-
Finished Age-Hardening Stainless Steel Bars and Shapes’
http://www.astm.org/cgi-
bin/SoftCart.exe/DATABASE.CART/REDLINE_PAGES/A564A564M.htm?E+mystore

ASTM A564 GR 630 is a martensitic precipitation hardening stainless steel which has a combination of high hardness and strength after suitable heat treatment. Contoh jenis tersebut adalah : 17-4 PH

http://www.azom.com/details.asp?ArticleID=1025

http://www.principalmetals.com/properties/result.asp?

Family=Stainless+Steel&MetalName=Carpenter+Custom+630+%28tm%29
http://www.aeromaxmetals.com/metals.html

Apapun jenis material pasti memiliki keterbatasan dan keunggulan, meskipun disebut tahan karat(stainless steel)bukan berarti material tersebut tidak bisa berkarat (corroded) karena banyak faktor yang mempengaruhi sifat material terhadap ketahanan karat (corrosion resistance properties). Mengingat korosi adalah reaksi material terhadap lingkungan (media, temperatur, tekanan, dll).

Untuk melihat mengapa material Bapak yaitu ASTM A564 GR 630 mengalami korosi, perlu diamati faktor diatas tadi (media yang bersentuhan, temperatur operasinya maupun tekanannya) dan ini perlu analisa kerusakan material (Failure Analysis) dimana ada prosedur pengujian yang harus dilakukan untuk mendapatkan jawaban dari ‘penyebab utama’ (main caused) kerusakan korosi tersebut.

Demikian, semoga informasi ini berguna.

Share This