Di beberapa situs luar, banyak ditemui lembaga swadaya masyarakat yang mengkampanyekan penolakan terhadap incinerator. Alasannya, pembakaran tidak sempurna dari incinerator akan menghasilkan DIOXIN, racun yang sangat berbahaya sekali . Biasanya terbentuk pada saat cooling down dan preheating. DIOXIN sendiri digunakan oleh America pada perang Vietnam untuk merontokan tanaman.

Tanya – nanangjamil

Apakah ada rekan yang bisa menjelaskan, kira-kira alasan apa mereka sampai begitu menghawatirkan incinerator.

Mohon pencerahan, karena di unit saya masih menggunakan incinerator sebagai salah satu metoda pengolahan limbah.

terima kasih dan salam

Tanggapan 1 – HMP

Alasannya :

– Pembakaran tdk sempurna dari incinerator akan menghasilkan DIOXIN………..racun yg sangat berbahaya sekali . Biasanya terbentuk pada saat cooling down dan preheating. DIOXIN sendiri digunakan oleh america pada perang vietnam untuk merontokan tanaman. contoh lainnya calon presiden UKRANIA yg diracun pakai dioxin sehingga rusak wajahnya.

– Incinerator yg baik itu ada 10 tahapan , tetapi di indo vendor Cuma menjual sampai tahap ke 2 dgn akal2lan. kalo memenuhi 10 tahapan tersebut saya yakin tdk akan sanggup membelinya.

– Energi cost dari incinerator sangat tinggi sekali

– Penggunaan incinerator yg berlebihan akan menyebabkan global warming dan penyebab lapisan ozon bocor

– Metode blower untuk suply oxigen dalam pembakaran sebenarnya akan menyebabkan tertiup keluar emisi2 berbahaya lainnya seperti penguapan logam berat dll.

-Dari pemerintah kita tdk ada pengawasan yg baik mengenai incinerator

– karena sdh ada aturan di KLH mengenai metode incinerator untuk pengolahan limbah banyak vendor yang memakai JUDUL ini untuk menjual padahal mereka belum tentu memiliki sertifikasi Incineratornya dari KLH.

Mudah2han sedikit ket saya dapat membantu , kebetulan kami menawarkan teknologi alternatif pengganti incinerator.

Tanggapan 2 – Steven.Brown@erm.com

Pak Nanang,

Incinorator jaman dulu memang bisa menimbulkan banyak masalah, karena proses incinoration kadang menghasilkan gas2 yg beracun. Oleh karena itu, banyak orang masih takut menggunakan incinorator, padahal incinorator yang moderen malah lebih aman daripada landfill. Jika saya disuruh milih antara tinggal di samping landfill yang moderen atau tinggal di samping incinorator yang moderen, saya akan milih incinorator.

Tapi, jangan lupa, incinorator yang model lama memang banyak bermasalah, dan sebaiknya dihindari.

Tanggapan 3 – Yusfabian

Pak Steven,

Saya tertarik sekali dengan informasi bapak, ditempat saya bekerja juga telah menggunakan Incinerator sebagai solusi untuk waste handling. Dan saya sangat ingin tahu model incinerator bagaimana yang menimbulkan masalah tersebut ? kemudian gas beracun apa saja yg kadang dihasilkan ?.
Saya sangat mengharapkan bapak bisa menjelaskannya atau mungkin sudah ada literaturnya ? mungkin saya bisa tahu pengarang dan penerbitnya. Trims.