Select Page

Discharge Coefficient atau yg disingkat Cd adalah suatu perbandingan antara true flow dengan theoretical flow, dan ini diaplikasikan pada persamaan theoretical flow untuk mendapatkan nilai actual atau true flow. Discharge Coeff. adalah suatu fungsi daripada Reynolds Number dimana Reynolds number adalah fungsi laju aliran (flow rate) yang dihitung menggunakan nilai Cd ini. Untuk Compressible Fluids, suatu expansion factor empiris diaplikasikan pada persamaan Cd untuk mengatur variasi fluid density yang disebabkan oleh perubahan pressure upstream dan downstream.

Tanya – gandi assalaf

Mohon penjelasan

Saya melakukan percobaan ‘compressible flow’ pada suatu pipa. Salah satu perhitungannya, yaitu menghitung koefisien pelepasan (discharge coefficient). Namun, ARTI FISIS dari koefisien pelepasan itu sendiri saya masih bingung.

Jadi, saya mohon pencerahan dari Bapak2.Terimakasih

Tanggapan 1 – agus indrasukma

Hallo pak Gandi Assalaf,

Kebetulan saya tugas sebagai Aerospace Ducting System Engineer, setahu saya Discharge Coefficient atau yg disingkat Cd adalah suatu perbandingan antara true flow dengan theoretical flow, dan ini diaplikasikan pada persamaan theoretical flow untuk mendapatkan nilai actual atau true flow. Discharge Coeff. adalah suatu fungsi daripada Reynolds Number dimana Reynolds number adalah fungsi laju aliran (flow rate) yang dihitung menggunakan nilai Cd ini. Untuk Compressible Fluids, suatu expansion factor empiris diaplikasikan pada persamaan Cd untuk mengatur variasi fluid density yang disebabkan oleh perubahan pressure upstream dan downstream.

Persamaan Cd dapat ditemukan pada API 14.3 – Part I (AGA-3) – 1990.

Semoga membantu,

Tanggapan 2 – rahmat satria dewangga

Sekedar menambahkan, angka Cd itu sendiri selain ditentukan oleh bilangan Reynold, Nr (dimana Nr ditentukan oleh laju alir fluida) Cd juga ditentukan oleh konstruksi dimana fluida itu mengalir. Dengan kata lain, flowmeter spt V-Notch, U-Notch, Parshal Flume dan lain-lain punya nilai Cd yang spesifik…

Share This