HAZ bukan faktor yang menentukan atau membantu proses pendinginan. HAZ (Heat-AFFECTED Zone) justru adalah akibat atau korban yang timbul akibat proses pemanasan dan pendinginan. Yang menentukan cooling rate langsung adalah temperatur base metal dan proses preheatnya.

Tanya – Firman Susilo Hidayat

Mohon pencerahannya dari pakar las yang ada di milist ini,

Bagaimana manakah pengaruh daerah HAZ terhadap hasil pengelasan?

Ada yang bilang bahwa daerah HAZ yang kecil lebih baik karena perubahan struktur mikro dari material tersebut lebih minimal, tapi juga ada yang bilang bahwa daerah HAZ yang lebih besar adalah lebih baik karena membantu proses pendinginan pada proses pengelasan tersebut, mana yang benar?

Terima Kasih

Tanggapan – Indera Sadikin

Saya kira yang benar yang pertama, Pak: HAZ lebih kecil yang lebih baik.
HAZ bukan faktor yang menentukan atau membantu proses pendinginan. HAZ (Heat-AFFECTED Zone) justru adalah akibat atau korban yang timbul akibat proses pemanasan dan pendinginan. Yang menentukan cooling rate langsung adalah temperatur base metal dan proses preheatnya. Mungkin yang dimaksud oleh pihak ‘pro-HAZ lebih besar’ adalah daerah preheat yang lebih besar di base metal. Untuk practice-nya daerah preheat minimal sekitar radius 3 inch dari bagian yang mau diweld. Tujuannya untuk mengendalikan cooling rate supaya tidak terjadi efek quenching setelah welding selesai. Mungkin daerah preheat ini yang disalah-artikan sebagai HAZ.