Select Page

Apabila Tug-boat menggunakan class BKI dan akan tetap memakai BKI, maka selama proses modifikasi harus di inspeksi dan disertifikasi oleh BKI, artinya harus mengikuti rules BKI. Tetapi sesuai dengan KM 20 tahun 2006 tentang ‘Kewajiban Bagi Kapal Berbendera Indonesia untuk Masuk Klas pada Biro Klasifikasi Indonesia’, kapal yang di class-kan BKI di dapat melakukan dual class dengan badan klasifikasi asing yang di akui, berdasarkan standar pelayanan yang ditetapkan oleh pemerintah. Dalam hal ini badan klasifikasi asing yang di akui adalah LR, GL, ABS, NKK, DNV, BV, CCS (China), KRS (Korea), RRS (Russia).

Tanya – Nasrul Syahruddin

Dear All,

Jika suatu tug-boat dengan klasifikasi, katakanlah BKI Class A100 (fully comply) atau A90 (not-fully comply) ingin kita modifikasi machinery/propeler dan (mungkin) juga hull dimension-nya, adakah suatu aturan pemerintah (di luar rules BKI) yang menyatakan bahwa semua modifikasi tersebut harus mengikuti rules dari class yang dipakai (dalam hal ini BKI)..?

ataukah, class BKI harus dicabut dulu baru kemudian dilakukan modifikasi berdasarkan rules/code lain selain BKI dan di resertifikasi dengan Class lainnya (i.e ABS atay LR)..?

Mohon pencerahan.

Tanggapan 1 – didik.s.pramono

Pak Nasrul,

Tug-boat sekarang pakai class apa? Dan berbendera mana?

Kalau (misalnya) pakai class BKI dan akan tetap memakai BKI, maka selama proses modifikasi harus di inspeksi dan disertifikasi oleh BKI, artinya harus mengikuti rules BKI. Tetapi sesuai dengan KM 20 tahun 2006 tentang ‘Kewajiban Bagi Kapal Berbendera Indonesia untuk Masuk Klas pada Biro Klasifikasi Indonesia’, kapal yang di class-kan BKI di dapat melakukan dual class dengan badan klasifikasi asing yang di akui, berdasarkan standar pelayanan yang ditetapkan oleh pemerintah. Dalam hal ini badan klasifikasi asing yang di akui adalah LR, GL, ABS, NKK, DNV, BV, CCS (China), KRS (Korea), RRS (Russia).

Sedangkan kaitan bendera kapal dengan klasifikasi (dalam hal ini BKI), masih berdasarkan KM 20 tahun 2006 adalah:

-Kapal yang berbendera Indonesia wajib di class-kan di BKI.

-Kapal berbendera asing yang berubah menjadi bendera Indonesia wajib di-class-kan di BKI selambat-lambatnya 3 bulan setelah dilakukan pendaftaran.

Tanggapan selengkapnya dari Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia pembahasan Bulan Juni 2007 ini dapat dilihat dalam file berikut:

Share This