Untuk mendesain DEA contactor jawabannya akan bermacam macam, karena designer yang ada dipihak owner atau designer yang bekerja buat packager process equipment kepentingannya berbeda sekali.

Tanya – Triez

Dear all,

Mohon pencerahan tentang bagaimana mendesain DEA contactor ?
Mungkin klo ada training ato wacana yang bisa saya jadikan referensi agar saya bisa memperkirakan cost estimate,nya?

terima kasih sebelumnya..

Tanggapan 1 – feriansyah

Maksudnya DEA?
Sent via BlackBerry from Maxis

Tanggapan 2 – Triez

DEA itu maksudnya Diethanolamine,pak..

Tanggapan 3 – roeddy setiawan

Dear Pak Tris,

Wah pertanyaan nya maut ini, jawaban nya akan bermacam macam, karena designer yang ada dipihak owner atau designer yang bekerja buat packager process equipment kepentingan nya berbeda sekali.

Kalau saya lebih suka specify packing dr pada valve trays.
Umumnya untuk contactor designer yang bekerja untuk packager akan proposed clading, clading ini banyak macam, menurut saya yang baik explosion clading. tetapi kalau kita deal dg CO2 saja tanpa significant amount H2S pilihan saya menebalkan plate thicknes ditambah annual inspection adalah yang paling cost effective dibandingkan pilihan clading
kalau kita harus bayar electric bill maka pilihan saya hydraulic recovery turbine dari pada globe valve.
Kalau terpaksa harus valve trays maka spacing trays harus 2 ft minimum jangan mau 18 ‘ ini ada hubungan nya dengan anual inspection. kalau 18’ maka orang yang bisa masuk yang mungil2, anda posturnya berat kedepan harus jadi penonton. padahal andakan yang memberikan go atau repair.
tray opening harus lebar, dan buka nya harus snap on/clip kalau pakai obeng wah kesuen padahal kan ada 40 tray misalnya. tray opening agak lupa ukurannya tapi ukur saja tebal dada dan lebar pundak ???, pokoknya dari pangkal tangan kanan -kiri, maksudnya yah anda bisa masuk untuk inspeksi
tiap tray, shell nya dilubangi di vapor dan liquidnya biar bisa mencocokan apa yang di jamin di proses guarante sekalian check thermodinamika masing2 tray, kalu ngak cocok dengan guarantee nya suruh bongkar lagi.
lubang complete dengan valve 1/4 inches dan tubing assy lokasinya sedemikian rupa harus strategis, kalau tidak anda di gantung melayang layang spt gatotgaca cuman ini pakai crane (untuk check guarantee nya) kalau tetuko free body movement. steam sparger dan lain lain banyak sekali pak atau barangkali buku gpsa bisa bapak lihat lihat juga saya kira rekan milis lain banyak yang pernah beli co2 removal pasti menambah atau mengkoreksi.