Select Page

Bagaimana metoda penguraian yg ekonomis untuk senyawa organic NaCOOH ?
Sejauh ini memang ada dgn metoda oksidasi dengan oksidator kuat tetapi ada pengaruh terhadap kualitas BOD nya. Tanggapan dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Juni 2007 ini dapat dilihat berikut ini.

Tanya – iksan_tk89

Mohon bantuan rekan2 untuk menjelaskan bagaimana metoda penguraian yg ekonomis untuk senyawa organic NaCOOH .
Sejauh ini memang ada dgn metoda oksidasi dengan oksidator kuat tetapi ada pengaruh terhadap kualitas BOD nya.

Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih.

Tanggapan 1 – roeddy setiawan

Dear pak Iksan,

Sudah dicoba dengan peroxide atau ozone atau Kombinasinya atau peroxide yang dikatalisis dg Fe, i.e Fenton reagent atau Fenton reaction.

umumnya peroxide yng di enhance dengan Fe cukup ampuh buat phenols,pestiside,rubbers chemicals,formaldehide,BTX dan lain lain. saya kira gugus C=O-OH tidak se stabil phenol atau BTX jadi mmudah buat mengempurnya.

Tanggapan 2 – iksan_tk89

Pak Roeddy,

Belum Pak. Bisa jelaskan lebih lanjut sejauhmana peroxide, ozone atau kombinasinya ditinjau dari segi economical, performance atau hal2 lain yg memeperkuat ke arah sana. Apakah sudah ada yg mengaplikasikannya, mohon di share di milis.

Saya kecenderungan mencari yg non chemical dan mudah di install, kira2 bagaimana kalau di aerasi dengan air blower dgn pengontrolan nilai Dissolved Oxygennya sehingga mikrobiolgy yg ada dapat menguraikan golongan organic karboksilat.

Tanggapan 3 – roeddy setiawan

Dear Pak Iksan,

Saya kira keganasan perokside thd organic material ranked no 2 setelah fluorine diikuti oleh ozone diikuti oleh chlorine. kalau instalasi, banyak perokside generator jadi kita tinggal optimizing mixing nya saja in sense kebutuhan chemical hampir ngak ada, cuman listrik saja, pengalaman peroxide generator tidak ada tapi untuk chlorine generator sangat memuaskan. kita hanya perlu garam saja untuk feed. perokside generator juga tidak berbeda.
mengenai direct air oxidation sodium format rasanya kinetik nya sub low tetapi kan pak iksan dapat bantuan dr enzimatic reaction dr bacteria saya kira okey juga. comment saya mengurus sesuatu yang hidup itu bakat bakat an. konsentrasi terlalu pekat bakterinya diminish, terlalu encer objective kita kurang kena dan tools untuk mengikuti proses oksidasinya tidak tersedia, jadi digester plant run blindly.

Tanggapan 4 – Widyastho, Ovulandra Wisnu

Pak Iksan,

Dulu saya pernah ‘iseng’ mencoba menggunakan beberapa cara, diantaranya Peroxide, Ozon, Plasma, dan dengan Membran. Dari hasil trial, plasma yang paling memuaskan dari sisi performance dan operabilitas ($$$). Peroksida saya kurang prefer karena nge-paskannya agak susah. Kalau bapak berminat, banyak perusahaan yang menyediakan modul-modul ozon generator atau plasma generator. Jadi tinggal pakai saja. Tidak ada bahan kimia yang digunakan (Kecuali jika anda juga ingin menghilangkan kandungan senyawa anorganiknya). Paling-paling hanya keluar biaya listrik saja…
Thanks

Tanggapan 5 – iksan_tk89

Pak Wisnu,

Terimakasih atas infonya.
Tetapi mohon juga jelaskan mekanisme kerja daripada plasma generator yg dimaksud sesuai yg anda aplikasikan. Dan kira2 berapa ratio Load karboksilat dgn power yg dipakai.

Share This