Saya mohon info dan share pengetahuan, apakah ada standar panjang dari tapping point flange weld neck untuk thermowell flange type. Yang saya maksudkan adalah panjang dari permukaan flange ke pipa. Apakah berbeda antara ukuran pipa 2′, 3′, 4′, 6′, 8′ dan di atas 8′. Hal ini saya butuhkan untuk menentukan insertion length dari thermowell tersebut.Tanggapan rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia dari pertanyaan tersebut diatas dapat dilihat pada halaman berikut.

Tanya – Wikan Nugrahajaya

Bapak&Ibu sekalian,

Saya mohon info dan share pengetahuan, apakah ada standar panjang dari tapping point flange weld neck untuk thermowell flange type. Yang saya maksudkan adalah panjang dari permukaan flange ke pipa. Apakah berbeda antara ukuran pipa 2′, 3′, 4′, 6′, 8′ dan di atas 8′.

Hal ini saya butuhkan untuk menentukan insertion length dari thermowell tersebut.

Tanggapan 1 – essam amar

Pak Wikan,

Coba didiskusikan dengan Piping Section, biasanya ada standard drawing dari piping untuk instalasi thermowell flange type. Hal ini berhubungan dengan proses pengelasan pipa branch tersebut, seperti weldolet, pipa 1-1/2′ atau 2′ dan flangenya. Ada beberapa spesifikasi yang menentukan jarak flange thermowell dengan header pipa tidak boleh lebih dari 300 mm. Yang sering dipakai 150 – 160 mm, dan untuk ukuran pipa 4′ keatas. Untuk ukuran pipa 2′ dan 3′ harus di besarkan (enlarge) menjadi 4′. Flange thermowell yang ada biasanya ukuran 1-1/2′ dan 2′.

Tanggapan 2 – Annas Humaidy Faqih

Ada brief berupa ukuran panjangnya 150mm. Tapi sebaiknya dicari dgn mengukur tinggi flange (sesuai rating), pipe nipple (perhatikan insertion pada SW flange atau S-O-L), fitting yg dipakai (S-O-L atau W-O-L), dan gap las butt joint 2mm. Lebih enak ngukurnya jika yg dipakai adalah weldoflange.
Best Regards, Annas HF.

Tanggapan 3 – agung wirjawan

Batasannya adalah panjang pipe nipple yang menghubungkan flange dengan weldolet, yang ditentukan oleh :

1. kemudahan pengelasan (makin pendek makin sulit)

2. jarak minimum antara 2 titik pengelasan, dimana perambatan panas dari satu titik pengelasan tidak berpengaruh pada titik yang satunya (mohon periksa standard ttg pengelasan).