Mendesain sebuah planning untuk Tanggap Darurat (ERP) apalagi scope-nya Nasional yang harus melewati kewenangan lintas Departemen kenegaraan tentulah tidak segampang bila kita mendesain sebuah ERP misalnya pada sebuah fasilitas pengolahan minyak dan gas di offshore/onshore (OG facility).

Tanya – x.sulistiyono

Mohon pencerahan dari rekan2, punyakah Indonesia ‘National Emergency Response Plan ‘ atau Rencana Tanggap Darurat Nasional ,sehingga dalam menghadapi bencana yang saat ini terjadi terus menerus kita dapat meresponsenya denga baik, nggak acak2an. Departemen atau institusi apa yang seharusnya meng – initiate ?
Apabila jawabannya adalah Republik ini belum punya ‘National Emergency Response Plan ‘ seyogyanya KMI dapat mulai mengusulkannya kepada Pemerintah. Saya yakin anggota KMI banyak yang jago2 membuat Emergency Response Plan.

Bencana umumnya tidak tiba2 terjadi tetapi ada hal2 atau tanda2 sebelum terjadi. Early Warning System perlu dibuat untuk menghindari atau mengurangi jatuhnya korban. Contoh yang sangat bagus adalah Direktorat Volkanologi yang selalu memberi aba2 siaga I, II dst sebelum terjadinya letusan.
Bagaiman dengan gempa, tsunami, angin ribut dsb ?

Mohon pencerahan dan komentar.

Tanggapan 1 – wahyu nugraha

Saya pernah ngobrol dengan teman di yayasan (lupa). Dia bilang pemda Bali dengan polda dan kanwildep terkaitnya sudah membuat ERP tingkat povinsi. Biaya sekitar sekian puluh juta dollar. Tapi info ini belum saya rekonfirmasi.

Tanggapan 2 – Edyson Simorangkir

Pak Sulistiyono, ‘ SAYANGNYA TIDAK ADA ‘

Tanggapan 3 – Aroon Pardede

Walahhh…. boro-boro national emergency response plan…., fire drill di gedung2 pencakar langit di jakarta dan kota2 besar lainnya aja sangat jarang dilakukan (CMIIW). Belum lagi di pabrik2 atau kawasan industri…

Kayaknya selama ini cuman bidang migas aja yang cukup responsive soal emergency response plan, dengan segala macam edukasi (training, fire drill, evacuation excercise, etc), mungkin karena dari sononya (baca:kebudayaannya) udah memang begitu ya….????

Jadi, kayaknya, yang namanya emergecy response plan masih jauuuuuuuhhhh…… dari pemikiran kita semua (t’masuk pemerintah kita).
Mungkin bencana aceh bisa membuat kita sadar akan pentingnya emergency response plan.

Tanggapan selengkapnya dari pertanyaan tersebut diatas yang terangkum dalam Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia :