Untuk kebutuhan proyek instalasi offshore pipeline, kami sedang mempertimbangkan utk mengunakan material HD polyurethane sbg pengganti asphalt mastic utk filler material pipejoint coating (concrete coated). Apakah ada rekan yg berpengalamaan dengan hal ini? mungkin bisa berbagi ceritanya, spt seberapa mahalnya system ini dibandingkan mastic biasa, apa yg digunakan sbg mold atau problem2 yg dialami dgn bahan ini? Apakah ada supplier lain selain OJS di asia?Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat dilihat dihalama berikut.

Tanya – Bobby Weliyanto

Dear pipeliners,

Untuk kebutuhan proyek instalasi offshore pipeline, kami sedang mempertimbangkan utk mengunakan material HD polyurethane sbg pengganti asphalt mastic utk filler material pipejoint coating (concrete coated). Apakah ada rekan yg berpengalamaan dengan hal ini? mungkin bisa berbagi ceritanya, spt seberapa mahalnya system ini dibandingkan mastic biasa, apa yg digunakan sbg mold atau problem2 yg dialami dgn bahan ini? Apakah ada supplier lain selain OJS di asia?
Thanks in advance!

Tanggapan 1 – Satio Braskoro

Dear my friend Bobby,

Kebetulan untuk filler material pipejoint coating untuk concrete coated pipe, kami (Heerema Marine Contractor, INTEC is a division of Heerema) pernah menggunakannya.

Menjawab pertanyaan anda:

1. Seberapa mahalnya? Untuk harga yang pasti saat ini saya belum bias memberikan, tapi yang jelas lebih mahal dari asphalt mastic. (Jika ada info yang lebih detail nanti saya berikan lewat JAPRI).

2. Apa yang digunakan sebagai mold? Mold yang untuk ‘hot asphalt mastic’ bias digunakan (steel sheeting dengan sebuah lobang dan dikedua ujungnya di-strap).

3. Problem yang dialami? Untuk dapat menggunakan HD polyurethane (PU) ini, dibutuhkan sertifikasi terlebih dahulu. Sebagai contoh, untuk pemasangan PU ini, kami meng-subcontrakkan ke perusahaan yang sudah memiliki sertifikasi untuk PU. Itu peraturan disini, mungkin di Indonesia berbeda.

4. Apakah ada supplier lain selain OJS di asia? Untuk yang ini saya tidak tahu.

Rekan-rekan lain, khususnya dari pipeline installasi kontraktor ada yang bias menambahi?