Secara prinsip kegunaan PWHT adalah mempunyai fungsi untuk menghilangkan tegangan sisa pada lasan yang diakibatkan adanya konstraksi tegangan dimana sambungan pengelasan itu sendiri terdiri dari tegangan multi axial. Hal ini terjadi karena adanya siklus pemanasan dan pendinginan selama pengelasan sehingga rentan akan adanya KOROSI TEGANGAN lebih-lebih untuk baja karbon.

Tanya – anjay_boy

Pak Farid,

Apakah kegunaan dari PWHT dan apakah PWHT mutlak di lakukan untuk penyambungan bahan yang bermaterial Stainless Steel, Apakah perlu juga di lakukan Radiographic. Di tempat kami mau melakukan modifikasi displacer/ karena kurang panjang.

Tanggapan 1 – ptmeco

Pa. Andy

Apakah kegunaan dari PWHT.

Secara prinsip kegunaan PWHT adalah : mempunyai fungsi untuk menghilangkan tegangan sisa pada lasan yang diakibatkan adanya konstraksi tegangan dimana sambungan pengelasan itu sendiri terdiri dari tegangan multi axial. Hal ini terjadi karena adanya siklus pemanasan dan pendinginan selama pengelasan sehingga rentan akan adanya KOROSI TEGANGAN lebih-lebih untuk baja karbon. Oleh karena itu untuk menghindari fenomena diatas perlu dilakukan PWHT yang mempunyai fungsi :

1. Meningkatkan ketahanan Korosi terutama korosi tegangan.

2. Menghilangkan terjadinya tegangan sisa.

3. Memperkecil pengaruh terjadinya retak pada daerah lasan.

apakah PWHT mutlak di lakukan untuk penyambungan bahan yang bermaterial Stainless Steel

Saya katakan SECARA TEORI PHWT untu material stainless steel diperbolehkan. Tetapi didalam APPLICATION CODE TIDAK DIPERBOLEHKAN (NOT RECOMENDED) nah disini ada dikotomi pehaman yang berbeda. Sampai saat ini saya sedang mencari alasan tersebut ? Hal ini pernah juga saya tanyakan pada di forum diskusi MMIT mengenai problematika pengelasan stainless steel tapi jawabannya masih kurang mengenai sasaran. Terus terang saya belum pengalaman untuk melakukan PWHT stainless steel ini.

Apakah perlu juga di lakukan Radiographic

Kita lihat dulu urgensi dari pemeriksaan ini ! kalau seandanyai kita ingin mengetahui karakteristik dari filler metal serta parameter weld pada equipment tersebut sehingga akan timbul cacat las bisa diapplikasikan. Tetapi kalau hanya untuk menguji sifat mekanis dari deposite metal tidak perlu untuk dilakukan pengujian tersebut.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia atas pertanyaan tersebut diatas dapat dilihat dalam file berikut: