Select Page

Jika saya punya CO2 untuk snuffing, apakah dengan keadaan abient offshore, tekanan 200 barg CO2 tersebut sudah dalam keadaan cair, berapa sih tekanan kritis CO2 pada kondisi ini?
Hal yang sama untuk N2 pada tekana 150 bar apakah sudah dalam keadaan cair?? Jika saya fabrikasi sendiri botlenya, cukup nggak jika saya pakai material A 106.??Berikut adalah tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia.

Tanya – Edy

Rekan migas,

Jika saya punya CO2 untuk snuffing, apakah dengan keadaan abient offshore, tekanan 200 barg CO2 tersebut sudah dalam keadaan cair, berapa sih tekanan kritis CO2 pada kondisi ini?
Hal yang sama untuk N2 pada tekana 150 bar apakah sudah dalam keadaan cair??

Jika saya fabrikasi sendiri botlenya, cukup nggak jika saya pakai material A 106.??

ada yang tau untuk vendor ini??

Tanggapan 1- cahyohardo

Pak Edy,

Jika memperhatikan kepanjangan alamat e-mail bapak, rasanya pasti petrosea punya program simulasi proses untuk menggambarkan diagram fasa kedua komponen itu. Bapak pasti dengan dengan cepat mendapatkan solusinya.

Atau jika perlu, bisa dibaca pada semua buku termodinamika, yang pastinya juga ada di perusahaan bapak.

Cuma nitip dikit, biasanya tekanan co2 itu sangat sensitif terhadap kenaikan temperatur. Sedikit saja perubahan temperatur, katanya bisa menaikkan tekanannya secara berlipat.

Tanggapan 2 – Doddy Samperuru

Dear Pak Edy,

Jawabannya mudah diperoleh dgn melihat kurva kesetimbangan. Salah satu media dimana kita dapat melihat berbagai sifat CO2 & N2 serta berbagai perhitungannya adalah Field Data Handbooknya Schlumberger (dapat didownload di www.slb.com/oilfield/ihandbook, 4MB besar filenya).

CO2: Pgauge=200bar, T=27oC (offshore, tropis), maka fasa CO2 adalah cair. Titik kritis CO2: 73.8barg & 31oC. N2: Pgauge=150bar, T=27oC, fasanya gas. Titik kritis N: 33.9barg & 147.15oC.

Sangat benar untuk berhati-hati kalau kita menggunakan CO2 di lapangan. CO2 cair akan cepat berubah fasa ke padat ataupun gas jika tekanan berkurang. CO2 cair atau padat dapat menguap langsung menjadi gas kalau temperaturnya naik. Ini sangat berbahaya kalau disimpan dalam kontainer tertutup. Saya yakin masing-masing CO2 operator pasti punya job procedure yg baku.

Soal fabrikasi kontainernya, maaf, saya tak berkompeten menjawabnya.

Share This