Torsional analysis adalah analisa terhadap getaran torsional pada suatu rotating equipment. Getaran torsional ini terjadi akibat perubahan kecepatan sudut yang bisa diakibatkan oleh perubahanputaran mesin baik saat transien (dari diam menuju putaran operasi mesin) ataupun pada kondisi steady namun diakibatkan oleh mekanisme di dalam mesin,seperti putaran yang diakibatkan oleh reciprocating engine, pemakaian universal joint untuk akomodasi ketidak sesumbuan, atau mekanisme lain yang berakibat putaran pada poros tidak benar-benar steady. Putaran yang tidak steady ini akan menimbulkan perubahan torsi secara berulang-ulang yang menimbulkan getaran torsional, yang terekam dari perubahan kecepatan sudut poros secara fluktuatif.

Tanya – huda nurul

Assalamualikum w.w

Minta pencerahan dari rekan2 : Apakah yang dimaksud dengan:

1. Lateral analysis

2. Torsional analysis

Kapan analysis ini harus dilakukan? apakah setiap rotating equipment harus dilakukan analysis ini?

Terimaksaih ata s pencerahannya.

Tanggapan 1 – Ilham santoso

Salam,

Sengetahuan saya torsional analysis adalah analisa terhadap getaran torsional pada suatu rotating equipment. Getaran torsional ini terjadi akibat perubahan kecepatan sudut yang bisa diakibatkan oleh perubahanputaran mesin baik saat transien (dari diam menuju putaran operasi mesin) ataupun pada kondisi steady namun diakibatkan oleh mekanisme di dalam mesin,seperti putaran yang diakibatkan oleh reciprocating engine, pemakaian universal joint untuk akomodasi ketidak sesumbuan, atau mekanisme lain yang berakibat putaran pada poros tidak benar-benar steady. Putaran yang tidak steady ini akan menimbulkan perubahan torsi secara berulang-ulang yang menimbulkan getaran torsional, yang terekam dari perubahan kecepatan sudut poros secara fluktuatif.

Jadi analisis getaran torsional, secara sederhana adalah merekam perubahan kecepatan sudut poros dalam domain waktu kemudian mengolahnya sesuai dengan kaidah-kaidah disiplin ilmu getaran, seperti phase analisis, fft, time wave form, dsbnya. Analisa ini penting dilakukan, walaupun tidak mudah, terutama untuk analisa kekuatan poros dari fatigue akibat beban torsional yang berulang ini. Analisa torsional ini perlu dilakukan karena fenomena ini tidak tertangkap oleh pengukuran getaran biasa yang dilakukan pada mesin, seperti misalnya pengukuran getaran di bearing dengan 3 arah (radial dan aksial) apalagi bila dilakukan pada kondisi putaran steady. Seperti halnya fenomena getaran lain, maka pada getaran torsional juga akan bisa terjadi fenomena resonansi yang bisa berakibat fatal pada equipment, dan ini tidak tertangkap oleh pengukuran getaran biasa.

Sedang analisis lateral, menurut saya adalah analisa getaran pada arah lateral (radial dan aksial) dari putaran poros untuk keperluan yang sudah biasa kita kenal dalam analisa getaran pada rotating aequipment

demikian semoga bisa membantu, and CMIIW.