Select Page

Breather valve buat tanki floating roof tidak harus sama dengan yang dipakai di fixed roof tank. Yang lebih kritis sebetulnya adalah minimum dan maximum rate dariinflux dan efflux dari crude pada saat loading.

Tanya – Taufiq Firmansyah

Dear all,

Kami memerlukan metoda dan best practices untuk perhitungan kapasitas breather valve pada floating roof tank ukuran > 400,000 bbls untuk penyimpanan crude oil.

Apakah perhitungan breather valve sesuai API 2000 – Venting Atmospheric Low Pressure Tank juga berlaku untuk jenis floating roof tank?
Bila API 2000 ini juga berlaku untuk case fire exposure, kami menemukan bahwa flownya paling besar, akibatnya sizenya besar untuk breather valve, apakah case fire exposure ini sering dipakai untuk floating roof?

Apakah ada saran perhitungan yang cocok untuk kasus kami?

Demikian atas bantuan dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Tanggapan – roeddy setiawan

Dear pak Taufik,

Menurut saya breather valve buat tanki floating roof tidak harus sama dg yang dipakai di fixed roof tank. yang lebih kritis sebetulnya adalah minimum dan maximum rate dariinflux dan efflux dari crude pada saat loading. ada banyak kisah floating roof jadi spt tanki kerupuk (di bandung) yang ketabrak becak, pot kempot karena loading master mungkin ngak sabaran rate nya di embat gede.

Breather valve floating roof sebenarnya tidak seperti valve, tapi more like lubang angin yvertical yang dikasih topi supaya air hujan tidak masuk , anda size say diameter 240 ft dibagi 24 nah breather hole nya sebesar apa , biasanya jarang lebih gede dari 8′. lalu anada kasih lagi hole buat sampling yang ini juga quick opening, kalau ngak salah salah satu model garansinya tight sd 3 psi, jadi kalau tekanan internal tiba tiba naik dia bisa tertendang dan terbuka, tapi tidak memberi perlindungan kalau negative pressure, efflux rate nya besar ,,, vacum, floating roof ngak punya cara selain breather hole yang seperti buble cap raksasa.

Sebaiknya untuk barang yang sp gini call saja Varec , mereka lebih competen untuk issue float tank protection. oh iya kalau crude nya ngak deket deket ke 50 api , vapor rate nya sebenarntya kecil banget , kalau interseting untuk cross check RP dua ribu sekian, saya lupa, manual buat menghitung evap dar floating tank. mudah2 an membantu.

Share This