Select Page

Saya pengin nanya mengenai desain stiffener ring pada pressure vessel, apakah drain hole pada stiffener ring mempunyai pengaruh terhadap kekuatan stiffener ring tersebut terhadap external pressure? sehingga kekuatan stiffener ring menurun ? Perlu diketahui drain holes ini diperlukan untuk mencegah liquid tertrap pada stiffener rings yang bisa mengakibatkan korosi pada dinding vessel dan stiffener ring itu sendiri. Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat dilihat dalam halaman berikut.

Tanya – tq_fe@yahoo.co.id

Rekans Migas semua,

Saya pengin nanya mengenai desain stiffener ring pada pressure vessel.

1. Apakah drain hole pada stiffener ring mempunyai pengaruh terhadap kekuatan stiffener ring tersebut terhadap external pressure? sehingga kekuatan stiffener ring menurun ? Perlu diketahui drain holes ini diperlukan untuk mencegah liquid tertrap pada stiffener rings yang bisa mengakibatkan korosi pada dinding vessel dan stiffener ring itu sendiri.

2. Kalau ada pengaruhnya, formulanya seperti apa ya? mungkin rekans ada yang tahu ?

3. Apakah diizinkan kita memotong sebagian stiffener ring karena untuk akses pipa? misal diameter stiffener ring 5000 mm atau keliling 15700 mm terpaksa harus dipotong sepanjang 100 mm karena ada pipa yang 3 ‘ yang harus melewati stiffener ring tersebut. Bagaimana pengaruhnya ? dan apa yang harus dilakukan apabila pipa tidak bisa di-reroute ?

Terima kasih atas bantuan rekan2 semua.

Tanggapan 1 – Yosca Hananta

Assalamu`alaykum,

Pak Feri,

1. Drain Hole tidak mempuyai pengaruh terhadap kekuatan Vessel untuk menahan External Pressure. Namun jangan lupa menutup lubang drain hole tersebut dengan greese.

2. Tidak ada pengaruhnya.

3. Kalau bisa, modifikasi pada vessel adalah alternatif terakhir. Jika vessel dalam kondisi telah PWHT maka akan lebih tidak dimungkinkan lagi.
Proses pemotongan stiffener berarti akan ada panas yang mengenai vessel dan hal tersebut harus dikaji lebih lanjut.

Demikian dari saya, smoga bisa membantu.

Tanggapan 2 – muhammad rifai

Pak Feri ada ASME VIII? kalau ada bisa buka di UG-29 dan 30, untuk jelasnya di figure UG 29 ada lengkap… setahu saya ga ada kalkulasinya… asal sesuai yang disyaratkan, maka tidak masalah…

Share This