Select Page

Banyak sekali yang harus dicermati daalm gas lifted well yaitu : 1 tubing pressure; 2. casing pressure; 3. jumlah gas masuk; 4. jumlah oil keluar, oil water & BSW; 5. jumlah formation gas keluar; 6. ada pasir atau tidak; 7. gas nya heading atau tidak, yang bagus yang steady, tapi siapa tahu yang steady malah sumur mati.

Tanya – moh.fajri

Ass wr wb,

Mo nannya lagi ne,

Apa yang harus diperhatikan pada sumur yang baru di gas lift ? Problem apa aja yang sering muncul pada sumur dengan methode gas lift ?? Trus gimana cara penanggulangannya ??
Makasih.

Tanggapan 1 – roeddy setiawan

Dear Pak Fajri,

Banyak sekali yang harus dicermati daalm gaslifted well.:

1 tubing pressure

2 casing pressure

3 jumlah gas masuk

4 jumlah oil keluar, oil water & BSW

5 jumlah formation gas keluar

6 ada pasir atau tidak

7 gas nya heading atau tidak, yang bagus yang steady, tapi siapa tahu yg steady malah sumur mati.

Nah perbaikan nya tentu ada , misalnya sumurnya harus dicabut , kalu nyabut summur barangkalaill;;lkkllll he he kiding pak.

Artificial gas lift disenagi oleh productiomn engineer karena ngak pernah rewel pak, meskpun design nya adoh klerune, selalu akan memberikan hasil, kelemaanya ya itu , kalau bapak hitung efficiency jauh lebih rendah dari downhole pump.

Plus yang lain gas lift bisa dioprek hanya dengan unit wireline, say mau lifting besar, kasih lah orifice ynag besat di real gas lift nya . tinggal kirim fax , run wire line, nanti sore sumurnya seulah olah di tambah horse powernya,

Kalau downhole pump, mau ngoprek, wah berantem dulu pak, apalagi rig lagi susah kayak sekarang, kan nyabutnya hrs pk rig, downhole pump nya murah, say 75K ongkos cautnya bisa 3 – 4 juta.

Nah apa yang kita pakai kan semuanya terbatas, jadi production harus buat alogritma untuk gas allocation, yang prod masih bisa besar dikasih makin besar (dihitung dulu) yang so so saja di kelas duakan.

Yang lain material ballaance, berapa masuk, berapa dapat nya, kalau dapat nya beda dengan resep yang baku. tentunya ada masalah di sumur/downhole nah ini tentunya tugas bapak untuk mellakukan surveilance dan mengambil action.

dari350 di gaslf sd habis . sanagt rendah kalau dibandingkan downhole pump say dari centrilift tapi seperti saya bilang misalnya jumlah gaslift yang di alokasikan harus optimal, jadi rekan yang biasanya operation engineer sudah berhitung dulu, sebelum sumur itu lahir. jadi gas lift supply, formationm gas keluar B, jumlah air keluar,k jumlah crude . semua fluida yang keluar harus kita ketahui dg masukm cumlah daslift plus formation gas keluaar, apa orifice nya sudah dipsankan.

Tanggapan 2 – athur rizqi

Pak Fajri,

Tambahan aja dari Pak Roeddy…

Yang pertama kali yang harus diperhatikan yaitu pada saat unloading process.
Hampir 95% problem yang dihadapi yaitu pada saat initial kickoff (saat menginjeksikan gas)
Penanggulangannya dengan memahami prosedur unloading dengan tepat.

Share This