Select Page

Inti dari panel purging system itu adalah memberikan tekanan di dalam panel sehingga tekanannya lebih tinggi daripada di luar panel. Tujuannya adalah untuk mencegah adanya dust, gas (explosive) supaya tidak bisa masuk panel (meningkatkan kelas panel menjadi Class 1 Div 2). Jadi, udara yang dimasukkan ke dalam panel harus bersih, dan tidak mengandung explosive gas (instrument air biasa digunakan) dan kontinyu. Karena ada udara yang masuk ke panel, harus ada juga udara yang keluar dari panel (1 lubang masuk, dan 1 lubang keluar). Biasanya di gunakan air filter regulator sebelum masuk panel. Kalau tidak untuk hazardous area, tidak perlu di gunakan purging system.

Tanya – erry rismawan

Dear Rekan,

Mohon pencerahannya mengenai purging system dalam panel. seperti apa cara kerjanya, bagaimana sizing-nya dan kapan suatu panel harus menggunakan purging system.

thanks in advance for the explanation.

Tanggapan 1 – alfian luqman

Dear Erry,

Inti dari panel purging system itu adalah memberikan tekanan di dalam panel sehingga tekanannya lebih tinggi daripada di luar panel.

Tujuannya adalah untuk mencegah adanya dust, gas (explosive) supaya tidak bisa masuk panel (meningkatkan kelas panel menjadi Class 1 Div 2). Jadi, udara yang dimasukkan ke dalam panel harus bersih, dan tidak mengandung explosive gas (instrument air biasa digunakan) dan kontinyu. Karena ada udara yang masuk ke panel, harus ada juga udara yang keluar dari panel (1 lubang masuk, dan 1 lubang keluar). Biasanya di gunakan air filter regulator sebelum masuk panel.

Kalo tidak untuk hazardous area, tidak perlu di gunakan purging system.

Untuk sizing, saya belum tau, tapi usahakan beda pressure di dalam dan di luar panel sebesar 5 psi.

Semoga bisa membantu.

Tanggapan 2 – erry rismawan

Thanks Mas Luqman,

Adakah spesifikasi khusus dari panel yang akan di pasangkan alat purging ini? maksud saya apakah harus type explosion proof juga ?

thanks in advance.

Tanggapan 3 – ‘Waskita Indrasutanta’

Tambahan info:

Pada vent (udara yang keluar) dipasangkan ‘restrictor’ agar udara yang keluar tidak boros dan ‘flame arrester’ agar apabila ada api di luar panel tidak masuk ke dalam panel.

Sizing dari purging flow relative terhadap tingkat kebocoran udara (‘air’) dari panel itu sendiri (harus air tight sebisa mungkin) termasuk yang di-bleed melalui vent dan restrictor. Targetnya adalah panel harus bertekanan lebih tinggi daripada tekanan atmosphere di luar panel. Sesuai dengan tujuannya agar tidak ada air flow ke dalam panel, sepertinya tidak perlu sampai bertekanan 5 psig, tetapi cukup sekitar 0.5~1.0 ‘H2O.

Selain untuk menghindari masuknya dust dan combustible gas, panel purging juga ditujukan untuk mendapatkan humidity yang rendah apabila environment sangat humid. Udara yang dimasukkan harus memenuhi standard untuk instrument air (dew point / humidity rendah) atau bisa menggunakan N2 bottle apabila tidak ada instrument air di lokasi tersebut. Keuntungannya, N2 adalah inert gas dan mempunyai dew point sangat rendah; kerugiannya lebih mahal dan harus melakukan cek rutin persediaan N2 dalam bottle.

Share This