Select Page

SCADA adalah Supervisory Control And Data Acquisition. Meskipun tidak selalu, konotasi dari SCADA adalah untuk melakukan control pada wide area pada remote locations dan Supervised pada Master location.

Tanya – andri ansyah

Dear Pak Waskita,

Saya mohon pencerahan lebih dalam tentang SCADA, apakah beda scada dengan HMI/MMI..? dan yang kedua pak was, ditempat saya ada plc MODICON QUANTUM redundant system dimana communicationnya menggunakan CHS atau hot stanby modicon juga tetapi akhir2 ini salah satu PLC nya sering OFFLINE alias fungsi stanby nya mati, kira2 penyebab utmanya itu apa ya pak? Thanks atas bantuannya.

Tanggapan 1 – Waskita Indrasutanta

Karena juga bermanfaat bagi rekan-rekan di milis Migas Indonesia, balasan email ini saya posting ke milis Migas Indonesia untuk diskusi selanjutnya.

Dear Andri dan rekan-rekan Migas Indonesia,

Sesuai dengan namanya SCADA adalah Supervisory Control And Data Acquisition. Meskipun tidak selalu, konotasi dari SCADA adalah untuk melakukan control pada wide area pada remote locations dan Supervised pada Master location.

Arsitektur SCADA Perdana

Arsitektur perdana (20~30 tahun yang lalu) dari SCADA adalah (dumb) RTU (Remote Terminal Unit) yang berfungsi sebagai pengumpul data (data acquisition) – biasanya pada lokasi remote dan MTU (Master Terminal Unit) – biasanya pada lokasi Master Station dimana Supervisory Control dilakukan.
Bisa melakukan automatic control oleh Controller, manual control oleh Operator, atau keduanya automatic dan manual control. Operator melakukan control melalui HMI (Human-Machine Interface) – atau sebelumnya disebut sebagai MMI (Man-Machine Interface).

Pada saat itu, data communications dilakukan dengan teknologi yang ada, yaitu melalui saluran telepon, radio modem, microwave, fiber optic (dengan teknologi komunikasi yang ada saat itu menggunakan multiplexer, dsb) yang harganya relative mahal.

Arsitektur SCADA saat ini

Namun demikian, karena kebutuhan akan local control (process control, logic control, interlock, control oleh local Operators, dsb), arsitektur SCADA system berkembang dimana pada RTU diberikan intelligent (untuk melakukan local control) dan dilengkapi dengan HMI pada remote location dimana ada local Operators. Karena sudah banyak perangkat Sistem Kontrol yang sudah jadi di pasaran, banyak orang menggunakan PLC, DCS, FCS, dsb (yang sudah dilengkapi dengan data communication port) sebagai RTU Hardware.

Juga karena kemajuan teknologi networking saat ini, data communications dilakukan menggunakan Ethernet, IP, TCP, UDP dan Industrial protocol lainnya. Pada intinya jaringan / network ini diperuntukkan untuk komunikasi data, tetapi sekaligus juga bisa dipergunakan untuk komunikasi lainnya seperti untuk telephony bisa menggunakan VoIP (Voice over IP) atau IP Telephony, Video over IP (dengan IP Camera) dan sebagainya. Karena juga sudah tersedianya banyak Penyedia Jasa (Service Provider) Internet, GSM, CDMA, WCDMA dengan GPRS, 3G (UMTS), 3.5G (HSDPA) dan sebagainya yang sudah menjangkau lingkup yang luas, banyak orang juga memanfaatkan fasilitas ini, sehingga bisa melakukannya dengan lebih mudah dan lebih ekonomis.

Pada remote location, umumnya kita juga membutuhkan local Operators dengan HMI-nya, atau untuk yang unmanned location setidaknya sudah dilengkapi dengan OPC Servers; pada Master Station (sering pada lokasi yang tidak ada Plant yang harus melakukan local control) hanya terdiri dari HMI atau Operator Workstations dan beberapa Workstation lainnya yang diperlukan. Karena hal ini, banyak orang juga menyebut HMI sebagai SCADA Software.

Semoga informasi diatas bermanfaat dan silahkan berdiskusi.

Untuk pertanyaan mengenai Modicon Quantum akan saya jawab melalui japri.

Share This