Select Page

Flare calculation dapat menghitung intensitas radiasi thermal dari api flare (API-521). Untuk kalkulasi temperture pada kamera -CCTV (yang berjarak 15m (horizontal) dan 25m (vertikal) atau jarak diagonal +/- 29m dari Flare diatas tower yang berketinggian 30m), perlu diketahui warna/koefisien serap cahaya, sudut bidang yang terkena radiasi, wind velocity & hummidity udara sekitar kamera, arah angin/arah api dari flare. apabila beda ketinggian antara flare tip dan kamera sudah cukup tinggi maka pengaruh heat transfer oleh konveksi menjadi sangat kecil, dalam hal ini justru yang dominan adalah efek radiasi thermalnya. sebagai tambahan data dari data-data yang sudah bapak miliki, kita perlu tahu tipe/bentuk flare tip yang digunakan (sonic/air assisted/HP/dll.), gas flow, heating value of gas, ini berpengaruh pada emisi pancaran energi radiasi. penggunaan pelindung/shield cahaya memang dapat membantu mengurangi temperatur yang disebabkan oleh radiasi api flare, materialnya biasanya menggunakan komposit yang berlapis metal mengkilat, mempunyai sifat konduksi rendah dan daya pantul tinggi.

Tanya – Hero Hero

Rekan2x,

Bagaimana cara menghitung suhu disekitar flare ?

Saya berencana memasang sebuah kamera (CCTV) yang berjarak 15m (horizontal) dan 25m (vertikal) atau jarak diagonal +/- 29m dari Flare diatas tower yang berketinggian 30m. Parameter apa yang dibutuhkan dan formulanya bagaimana untuk menghitung suhu pada jarak 29m tersebut ?

Thank you in advance.

Tanggapan 1 – Crootth Crootth

Mas Hero,

Perlu diketahui terlebih dahulu

1. Komposisi Gas yang dibakar

2. Kandungan inert lain (water, CO2, padatan dsb)

Sebenarnya ada panduan umum tentang warna nyala pada flare (nyala berkorelasi dengan temperatur pembakaran). Ini yang minimum, warna nyala flare nya apa? kuning? merah? biru? putih? atau mblebeg warna item?

Tanggapan 2 – roeddy setiawan

Dear Pak Hero,

Kalau bapak ingin ngukur suhu, barangkali, ganti kamera nya dengan infra red pak, saya dengar sekarang vidicon yang baik bisa melihat 0.2 F berbedaan nya. nanti gambarnya berupa counture, kalau mau menghitung, banyak specialist yang bisa memberikan model matematis flare yang ini malah lbisa dibuat unlimited scenario, kan besarnya flare bisa kita ganti ganti sesuai skenario. kalau ngukur dapatnya normal condition, jarang sekali event yang off design.

Tanggapan 3 – Amal Ashardian

Anda bisa menggunakan kamera infra merah Pak, di Mangga dua banyak yang jual atau di tempat tempat yang berjualan alat alat security.
Di kamera itu bisa melihat object meski gelap sekalipun, dan menginformasikan temperature object. Orang sakit dan sehat pun kelihatan bedanya.

Anda ngga usah menaruh alat ini terlalu dekat, dari jauh pun juga bisa.

Tanggapan 4 – Indra Prasetyo

Saya ada program sederhana yang saya buat di file Exel untuk menghitung jarak aman dari Flare berdasarkan heat radiation intensity-nya.

Kalo mau bisa lewat japri.

Tanggapan 5 – Akh. Munawir

Pak Hero,

Saya kurang jelas menangkap tujuan pertanyaan ini,

Apakah tujuan pertanyaannya, dengan mengetahui Temperatur dilokasi yg dimaksud maka nilai tersebut akan dijadikan referensi untuk mencari Spesifikasi yang cocok dari CCTV terhadap Heated Resistance Limit-nya kah?

Kalau cuma, ingin mengetahui temperatur di lokasi yg akan dipasangi CCTV kenapa harus susah2 menghitung Heat Radiant dari Flare ke lokasi tersebut. Kenapa ga pakai yg lebih mudah saja dengan menggunakan thermometer untuk mengukur temperature dilokasi tersebut pada saat yg paling panas (Siang hari cuaca lagi cerah) yg kemudian itu dijadikan referensi Heat Radiant’nya.

Gmn pak ?

Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia Bulan Agustus dapat dilihat dalam file berikut:

Share This