Select Page

Adakah yang bisa memberikan estimasi cost (EPC) dari gas dehydration package package untuk kapasitas 20 MMSCFD? Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia lainnya dapat dilihat dalam file berikut.

Tanya – Ahmad Reza

Rekans..

Minta tolong.. ada yang bisa memberikan estimasi cost (EPC) dari gas dehydration package package untuk kapasitas 20 MMSCFD?? Boleh dikirim lewat japri ..

Sebelumya Terima kasih atas responsenya dan bantuannya..

Tanggapan 1 – roeddy setiawan

Dear Pak Reza,

Barangkali yang kurang info rating nya.
Harga tahun 98 1.1 million untuk 40 mmscfd rated 300 # Ansi. delivered on two skid at fab yard batam . saya kira anda bisa factorkan buat guestimate yang 20 mmcsfd minus rating kalau tidak sama. Inhouse engineering & construction install & commision and hand over to production.
Kalau everything by contractor porsi buat inhouse engineering work, spt plot plan, piping dwg, iso, shop drawing, commision engineering dan lain lain tidak masuk. silah kan di adjust.

Tanggapan 2 – Crootth Crootth

Mas Reza,

Kenapa ga memilih yang gas dehydration yang membrane based saja?

Harga unit yang menggunakan membrane 300,000 USD per 3.5 MMSCFD… jadi pasang tujuh package harga total (package nya saja) 2.1 MM USD, untuk 20 MMSCFD… bandingkan saja dengan harga pengoperasian dengan glycol (TEG, DEG dan lainnya)… lebih optimum mana secara overall, pun dari safety and reliability silahkan dinilai… kalau di offshore memang susah make membrane karena tempatnya terbatas… tapi kalau di onshore boleh jadi lebih efektif.

Tanggapan 3 – roeddy setiawan

Dear Pak Croth,

Interesting harga membran sekarang yah, ngomong ngomoing pak crooth pernah mengoperasikan membran utk water removal ???.

Tahun 97 an saya coba pakai Grace,untuk co2 removal. babak belur tuh, problemnya membrane dizaman itu mudah plug dan tidak berfungsi kalau stream nya ada conjdensat carry over atau dew point HC maupun wtr.
baru agak lumayan setelah kita pasangi gas pretreatment, semua yang dekil dekil , bau kondensat atawa water di knock out pake lo w temp chiller.

Issue lain, sebenarnya dg membrane kiita bisa kehilangan BTU yang significant kalau kita tidak punya unit operasi yang bisa di feed dr LOw pressure permeate.

Issue lain kalau kebetulan well nya cukup tinggi pressurenya, nah itu berkah kebutuhan membran sedikit jadi nya bisa murah. tapi kalau di oil reservorit biasanya pressure nya letoy. jadi musti lihat lihat lah mana yang fit with the bill/ kalau di remote platform saya kira untuk oil reserv kurang cocok. kalau sudah ke gathering station yang ada compressirnya nah barangkali itu tempatnya.

Tanggapan 4 – Crootth Crootth

Pak Roeddy,

Kinerja membrane kami (untuk menghilangkan CO2) sangat bagus. Kehilangan BTU tidak significan cuma 15 dari 920, kehilangan tekanan juga kecil 20 an psig dari sekitar 360 psig.

Untuk jenis yang menghilangkan air (hydrophillic) kami memang belum menggunakan namun harganya kurang lebih memang sama. Kelemahan membrane adalah capacity dan kemampuan menurunkan kadar water untuk konsentrasi yang rendah (< 5%) adalah tidak bagus. Setuju dnegan Mas Roeddy, penggunaan teknologi membrane musti distudy lebih lanjut karena Mas Reza tidak pernah mencantumkan kadar air yang ingin di turunkan dari berapa sampai berapa, terus kadar C6+ nya berapa, karena banyak bahan membrane terpengaruh oleh kadar C6+.<.p>

Tanggapan 5 – roeddy setiawan

Dear Pak Crooth,

Wah bagus sekali membrane latest dev, just untuk tambahan pengetahuan yang udah berkarat saja nih. jadi yang di install pak Crooth, inlet feed pressure 360, i guess product pressure 340 (loss 20 psig).
pressure permeate stream berapa pak Crooth ??, juga apakah pernah dicheck dg GC komposisi nya bagaimana say 70 % Co2, 10 % C1 … … …. . please advise.

Tanggapan 6 – Crootth Crootth

Mas Roeddy

Kinerja membrane kami:

Masuk: 370 psig; HHV 500 – 560 Btu/cuft; CO2 50 – 55%, 130 degF

Keluar (Permeat): 330 -350 psig; HHV 860 – 920; CO2 19 – 24%, 125 degF

Keluar (Retentat): 60 – 100 psig; CO2 85 – 95%; 125 degF

Kapasitas design 3.5 MMSCFD .. normalnya 1.5 – 2 MMSCFD

Semoga menjelaskan.

Tanggapan 7 – roeddy setiawan

Dear Pak Crooth,

Wah terimakasih banyak , data nya lengkap. Trims.

Tanggapan 8 – Fakhri

Dear Pak Crooth,

Kok pressure di permeate lebih besar dari di rentate? Kayaknya kebalik deh. dan methane rich gas setahu saya juga di rentate.

Bagaimana pengalaman operasinya? Membrane life timenya berapa? Dan yang lebih penting operation realiabilitynya? Saya dengar-2 membrane nya sensitive kalau scrubber di uptreamnya bermasalah. Thank you,

Tanggapan 9 – Firmansyah, Ari (Jakarta)

Dear Pak Fakhri,

Gak kebalik kok pak… yang keluar sebagai permeat kan memang produk yang diinginkan (gas dengan kadar CO2 rendah), kalau produk ini kehilangan pressure banyak, maka tentunya pemakaian membrane ini menjadi tidak efisien lagi, dan saya yakin Pak Crooth juga tidak akan merekomendasikan pemakaian membrane ini. Bukan begitu pak Crooth?

Tanggapan 10 – Fakhri

Dear Pak Ari,

Kita tunggu aja deh jawaban dari Pak Crooth.

Sebetulya judul dan isi dari e-mail ini agak rancu. Judulnya gas dehydration package tetapi isinya CO2 removal package. Kalau gas dehydration, membranenya itu kebanyakan hydrophilic (melewatkan air). Kalau CO2 removal membraneya selective terhadap CO2, jadi CO2 yg banyak di permeate, CH4nya diretain di Retentate dan pressurenya lebih tinggi.

Saya menduga menggabungkan kedua topic ini (gas dehydration dan CO2 removal) karena untuk lebih ekonomis CH4 loss di CO2 removal akan dipakai sebagai fuel di gasdehydration package.

Share This