Select Page

Untuk motor dan semua perangkat electric kalau beroperasi dengan ampere yang tidak normal seperti biasanya baik itu menurun atau naik berarti ada gangguan. Tapi biasanya yang diset kalau amperenya naik. Kalau ampere naik, motor biasanya ada masalah dimekaniknya sehingga menghambat pergerakan dan menyebabkan amperenya naik atau turun jadi untuk motor sangat berhubungan antara ampere dan torque.

Tanya – Nasrul Syahruddin

Dear All,

Sebagai pemula di bidang rotating equipment, mohon pencerahan untuk hal berikut :

Pada suatu pompa dengan penggerak motor listrik, trip system dengan menggunakan ampere motor sebagai triger. Jika terjadi low-ampere yang mengenai setting trip, maka motor akan trip dan pompa stop.

Pertanyaan yang mungkin sangat basic :

1. Apa saja yang menyebabkan terjadi low/ high ampere dari sisi pompa maupun dari motor ?

2. Mengapa ampere tsb yang dijadikan triger untuk proteksi pompa

3. pada curve torque vs speed, apakah torque ini yang berhubungan dengan ampere. Jika iya, bagaimana hubungannya ?

Tanggapan 1 – wisnu kusuma adi

Memang kalau untuk motor dan semua perangkat electric kalau dia beroperasi dengan ampere yg tidak normal seperti biasanya baik itu menurun atau naik berarti ada gangguan. tapi biasanya sih yg diset kalau amperenya naik.
kalau ampere naik motor biasanya ada masalah dimekaniknya sehingga menghambat pergerakan dan menyebabkan amperenya naik atau turun jadi untuk motor sangat berhubungan antara ampere dan torque.

Tanggapan 2 – Yusranil Fathi

Pak Nasrul,

Saya sekedar share pengalaman, karena saya juga seorang junior.

Yang sering menyebabkan motor/pompa dg penggerak motor listrik, trip biasanya karena gangguan mekanikalnya antara lain;

Abnormal pada bearing, baik dari sisi motor maupun pompa, yang menyebabkan ampere naik dan trip. Kerusakan pd bearing sering disebabkan oleh misalignment coupling motor dg pompa, pelumasan yg kurang, atau pd pompa air, bearing kemasukan air, karena adanya kebocoran pd gland/packing.
Disamping itu juga, kerusakan pd valve bisa menimbulkan gangguan dan menyebabkan motor trip.
Kalau di sisi elektrikalnya, kadang2 overloadnya memang yg sudah bergeser dan juga bearing motornya.
Amper dijadikan proteksi pompa, sebenarnya lebih tepat dikatakan amper ini untuk memproteksi motor, karena motor lebih sensitif, jelas diperlukan agar tdk terjadi overload pd motor.
Buat yg senior, tolong dikoreksi kalau salah.

Tanggapan 3 – ady hawis

Untuk kondisi motor low current bisa terjadi apabila discharge dari pompa tertutup, misalnya valve setelah pompa tertutup. Apabila motor trip karena low current, kemungkinan hal tersebut malah merupakan proteksi untuk system setelah pompa. Ampere dijadikan trigger pompa trip karena karakteristik current bisa dijadikan parameter tentang kondisi pompa dan motornya yang biasanya dideteksi oleh variable speed drive atau normal thermal over load MCC motor, mungkin untuk lebih jelasnya bisa didapatkan penjelasannya di artikel current signature analysis.

Tanggapan selengkapnya dari Rangkuman Diskusi Mailing List Indonesia pembahasan bulan Agustus 2007 dapat dilihat dalam file berikut:

Share This