Select Page

Snubbing unit itu adalah unit Rig unit berskala kecil yg biasa digunakan dalam workover unit (perbaikan sumu) atau kadang2 juga digunakan dalam drilling operation berskala kecil. prinsipnya bekerja atas prinsip hydraulic. dimana 4 silinder hydraulic berfungsi menaikkan dan menurunkan slip (alat untuk memegang dan melepaskan tubing/drill pipe) dinamik. ada 2 macam slip dalam snubbing unit, yaitu slip statik dibagian bawah dan slip dinamik dibagian atas.
Pada saat akan menurunkan tubing/drill pipe, awalnya slip dinamik lah yg memegang tubing/DP sementara slip statik dlm posisi free. Kemudian slip dinamik tsb diturunkan sambil membawa tubing/DP yg dipegangnya ke bawah sampai mentok di atas slip statik. Lalu gantian slip statik yg memegang tubing/DP sementara slip dinamik free dan dinaikkan ke atas untuk memegang tubing/DP berikutnya. slip statik free dan slip dinamik diturunkan lagi ke bawah . dan begitu seterusnya hingga tbg/DP sampai di kedalam yg kita tuju. Keunggulan snubbing unit adalah kemampuannya memaksakan tubing/DP untuk masuk ke dalam sumur apabila sumur tsb bertekanan tinggi yg cenderung mendorong tubing/DP ke atas. Contohnya saat digunakan utk mencoba menghetikan underground blowout di sumur yg mengakibatkan LUSI itu.

Tanya – Bambang Sugiharta

Dear All,
Mohon pencerahan mengenai Snubbing Unit.
a)Apa itu Snubbing Unit
b)Siapa saja di dunia ini manufacturer Snubbing Unit?
c)Siapa saja di Indonesia atau di region Asia (Tenggara dan Pasifik) yang mempunyai keahlian dalam mengerjakan pekerjaan Snubbing ini?
d)Kapan Snubbing Unit ini dikerjakan di dalam sistem pengeboran?
e)Dimana saja Snubbing Unit ini mulai diaplikasikan
f)Mengapa Snubbing Unit dibutuhkan di dalam sistem pengeboran.

Tanggapan 1 – Eko Yudha

Mas Bambang,

Sederhananya, snubbing unit itu adalah unit Rig unit berskala kecil yg biasa digunakan dalam workover unit (perbaikan sumu) atau kadang2 juga digunakan dalam drilling operation berskala kecil. prinsipnya bekerja atas prinsip hydraulic. dimana 4 silinder hydraulic berfungsi menaikkan dan menurunkan slip (alat untuk memegang dan melepaskan tubing/drill pipe) dinamik. ada 2 macam slip dalam snubbing unit, yaitu slip statik dibagian bawah dan slip dinamik dibagian atas.
Pada saat akan menurunkan tubing/drill pipe, awalnya slip dinamik lah yg memegang tubing/DP sementara slip statik dlm posisi free. Kemudian slip dinamik tsb diturunkan sambil membawa tubing/DP yg dipegangnya ke bawah sampai mentok di atas slip statik. Lalu gantian slip statik yg memegang tubing/DP sementara slip dinamik free dan dinaikkan ke atas untuk memegang tubing/DP berikutnya. slip statik free dan slip dinamik diturunkan lagi ke bawah . dan begitu seterusnya hingga tbg/DP sampai di kedalam yg kita tuju.

Keunggulan snubbing unit adalah kemampuannya memaksakan tubing/DP untuk masuk ke dalam sumur apabila sumur tsb bertekanan tinggi yg cenderung mendorong tubing/DP ke atas. Contohnya saat digunakan utk mencoba menghetikan underground blowout di sumur yg mengakibatkan LUSI itu.

Keunggulan lain adalah unitnya yg bisa diurai menjadi komponen2 kecil, sehingga mudah dalam transportasi dan menghemat space saat akan dipasang di instalasi offshore yg sempit.

Saya kurang tahu manufacturer snubbing unit, mungkin anda bisa googling sendiri.

Untuk suplier di Indonesia yg saya tahu adalah PT. Seleraya, punya warehouse di Bekasi timur. Mereka juga yg melakukan snubbing unit di sumur LUSI.

demikian , semoga membantu.

Tanggapan 2 – Bambang Sugiharta

Mas Eko,

Snubing unit yang dipakai di offshore apakah berbeda bentuk,konstruksi dan cara kerjanya dibanding yang beroperasi di onshore?

Tanggapan 3 – Eko Yudha

Saya belum pernah pake snubbing unit didarat. Tapi, secara umum harusnya sih sama.

Tanggapan 4 – tami mustikasari

Tesco Indonesia juga punya Snubbing Unit, Pak.

Tanggapan 5 – ndut aja

Meneruskan penjelasan dari pak eko yudha

Snubbing di produksi oleh CAR DWELL, IDECO dan masih banyak lagi…
itu salah satu yang pernah saya pakai…, kalau mas bambang membutuh kan bapak bisa Hubungi PT. Arthindo utama dengan sdr. Riswanto di no tlp 720 2867
karena saya pernah pakai dan kondisinya sangat terawat…

Tanggapan 6 – Bambang Sugiharta

Oke terima kasih Pak Raiza atas infonya.

Tanggapan 7 – lulut sugianto

Coba Pak Bambang buka Website www.elnusa-ews.com
kita punya nasional company yang punya pengalaman dan jam terbang tentang snubbing unit..

Tanggapan 8 – MICHAEL IRIANDY

Pak Bambang,

Coba bapak hubungi PT.Seleraya, mereka salah satu dedengkotnya snubbing..
Beberapa unit mereka bahkan gak pernah terpisahkan dari Kondur Petroleum SA (setahu saya, jika tidak salah).

Tanggapan 9 – Dian Nurcahyono

Kami mengoperasikan snubbing unit di darat dan di offshore(menggunakan platform). Pada prinsipnya sama cara kerja maupun connectionnya.

Perbedaanya kita meletakan semua alat pendukung di atas tanah klo di onshore sedang di dech klo offshore,,

Tanggapan 10 – Harry Eddyarso

Dear Mas Bambang Sugiharta,

Jawaban pertanyaan anda ini mungkin sudah pernah diposting oleh Mas Budhi tanggal 22 May 2007 yang lalu (see below – point 6). Untuk jelasnya, download aja presentation slides yang disiapkan oleh rekan2 dari PT. Petrotech Penta Nusa via situs kita di bawah ini.

Semoga bisa membantu.

====================================================================

Migas Indonesia,

Minggu yang lalu di Milis Migas Indonesia berkembang beberapa diskusi di bidang keahlian drilling yang sangat menarik. Untuk menambah semaraknya diskusi, saya sudah upload 6 buah materi presentasi dari Program KMI Goes To Campus (Universitas Indonesia 15-17 September 2006 dan Universitas Trisakti 25 November 2006) di situs www.migas-indonesia.net halaman download. Kalau mau URL-nya langsung, silahkan klik http://migas-indonesia.net/download/279.html

01. Introduction To Drilling Technology

02. Drilling Preparation

03. Drilling Technology : Recent Development

04. Drilling Technology : Deep Drilling

05. Well Testing

06. Hydraulic Workover Unit

KMI turut mendukung dibukanya mata kuliah drilling bagi mahasiswa Jurusan Mesin FT UI.

Terima kasih juga kepada Moderator KBK Drilling Bpk. Harry Eddyarso, yang atas rekomendasinya, beberapa orang pakar drilling sudah bergabung di Milis Migas Indonesia.

Share This