Refrigeran ammonia (R-717) memang toxic, itu sebabnya semuanya dibikin khusus, di ASHRAE 15 (standard safety of refrigeration system) ada *section* khusus yang mengatur instalasi sistem R-717. ARI (American Refrigeration Institute) juga punya section khusus (ARI 510) yang mengatur rating untuk kompressor dengan R-717. Banyak juga jurnal ASHRAE tentang aplikasi R-717 baik untuk residensial, komersial atau industri.
Kenyataannya, COP sistem dengan R-717 sangat menggiurkan, sehingga orang tetap berusaha ngakal-ngakalin kelemahannya.

Tanya – agung yulianto

Dear all,

Mohon pencercahannya apabila temans milist punya bahan training atau buku u/ ammonia refrigeration system.

Tanggapan 1 – holmes nababan

Untuk sistem refrigerasi ammonia dapat dilihat di buku ASHRAE, ALTHOUSE dlll…………..

Tanggapan 2 – Egi Al Ghifari

Pak Yulianto,

Yang dimaksud disini ammonia untuk sistem kompresi uap atau sistem absorbsi?
Saya punya beberapa literatur sistem refrigerasi ammonia, tapi yang sistem kompresi uap, bukan absorbsi.

Tanggapan 3 – dedi bule

Ammonia, buat aplikasi apa pak?

Ammonia khan udah dilarang sekarang pak, walau kenyataannya masih banyak yang menggunakannya..
ammonia itu adalah toxic sangat berbahaya bagi lingkungan.
saya pernah melihat aplikasi Ammonia untuk pabrik Es di Bandung, pada saat leak/bocor, bau ammonianya menyebar sampe ke permukiman penduduk dan banyak penduduk yang complain dengan pabrik es tersebut.
kalo untuk yang absorpsi, refrigerantnya ‘Ammonia dan air’.

Tanggapan 4 – Aman Mostavan

Dengan hormat,

Betul, setidaknya pemanfaatan amonia digunakan untuk pendingin jenis absorpsi dan jenis kompresi uap.

Ammonia, buat aplikasi apa pak?

Ammonia khan udah dilarang sekarang pak, walau kenyataannya masih banyak yang menggunakannya.. ammonia itu adalah toxic sangat berbahaya bagi lingkungan.

Yang dimaksud keracunan pada amonia, bila tersedot saat bernafas, dan dapat merusak paru-paru.

saya pernah melihat aplikasi Ammonia untuk pabrik Es di Bandung, pada saat leak/bocor, bau ammonianya menyebar sampe ke permukiman penduduk dan banyak penduduk yang complain dengan pabrik es tersebut.

Untuk menghindarkan kebocoran amonia, jangan menggunakan tembaga, kuningan dan kombinasinya.

kalo untuk yang absorpsi, refrigerantnya ‘Ammonia dan air’.

Tanggapan 5 – Egi Al Ghifari

Pak Dedi,

Refrigeran ammonia (R-717) dilarang digunakan dimana? setahu saya belum ada yang melarang, sejauh desain, konstruksi dan operasinya mengikuti standar. R-717 memang toxic, itu sebabnya semuanya dibikin khusus, di ASHRAE 15 (standard safety of refrigeration system) ada *section* khusus yang mengatur instalasi sistem R-717. ARI (American Refrigeration Institute) juga punya section khusus (ARI 510) yang mengatur rating untuk kompressor dengan R-717. Banyak juga jurnal ASHRAE tentang aplikasi R-717 baik untuk residensial, komersial atau industri.
Kenyataannya, COP sistem dengan R-717 sangat menggiurkan, sehingga orang tetap berusaha ngakal-ngakalin kelemahannya. Oya, sepemahaman saya R-717 itu memang toxic, tetapi impaknya terhadap lingkungan tidak sebesar refrigeran sintetik yang lain.

Tanggapan 6 – dedi bule

Pak Egi,

Maaf, mungkin bukan ‘dilarang’ maksudnya pak, tapi lebih ‘dihindari’ karena ammonia ini merupakan toxic.
kebanyakan owner lebih meng-hindari pemakaian ammonia sebagai refrigerant karena akan banyak rentetan masalah setelah menggunakan ammonia ini sebagai refrigerant.

Mungkin saya bilang bukan COP dari ammonia itu yang menggiurkan, tapi karakteristik dari ammonia ini sendiri yang sangat bagus, pada temp -55 C, ammonia masih berupa liquid sehingga sangat bagus untuk mendinginkan object sampai temperatur ini.

sebesar apapun impactnya pada lingkungan, jika ada yang lebih save environment kenapa harus pakai yang merusak lingkungan pak..

Tanggapan 7 – Egi Al Ghifari

Pak Dedi,

Pada temperatur -50 dan tekanan atmospheric, saya kira kebanyakan refrigeran sudah dalam fasa liquid (atau ‘masih’ liquid?). Kenyataanya, COP sistem R-717 masih OK dengan temperatur evaporator sangat rendah, berbeda dengan refrigeran lain yang COP nya akan segera drop begitu memasuki temperatur sub-zero. Jadi memang yang sama maksud COP yang menggiurkan ini COP pada sub-zero, superior sekali.
Setahu saya, hampir semua (kalau tidak semua) refrigeran sintetik itu merusak lingkungan. Ada yang dikatakan ozone friendly, misal R-134a atau R-410a, kenyataanya GWP (Global Warming Potential) numbernya 1200 dan 1600, artinya efek pemanasan globalnya sekitar 1200 dan 1600 kali dari CO2, dengan paruh waktu di atmosfir sekitar 16 tahun. Sebenarnya refrigeran yang impaknya paling rendah terhadap lingkungan itu adalah refrigeran-refrigeran ‘natural’ seperti CO2, propana, butana, dan ammonia tentunya. Tapi ya itu dia, mereka itu bandel, ada saja ulahnya yang bikin kita susah, CO2 perlu tekanan tinggi, hidrokarbon bersifat highly flammable, dan ammonia toxic tentunya.

Tanggapan 8 – yulians02@yahoo.com

Absorption system pak. pd prinsipnya adalah untuk mendinginkan suatu media yg melewati PHE (Plate Heat Exchanger). km menggunakanya untuk suatu proses produksi. seperti pabrik es.
Dimana ammonia melewati PHE tsb mendinginkan pp glycol selanjutnya glycol mendinginkan air sama jg melewati PHE
Km menggunakan type piston dan screw yaitu brandednya : Carrier dan Mycom

Tanggapan 9 – Egi Al Ghifari

Pak Yulianto,

Kalau masih menggunakan kompresor, besar kemungkinan yang dimaksud adalah sistem kompresi uap, bukan absobpsi, karena sistem absorpsi menggunakan pompa dan sumber panas, sebagai input.

Tanggapan 10 – dedi bule

Benar pak egi,

Absorption itu adalah sistem yang menggantikan fungsi kompressor, sehingga kompressor hilang pada sistem ini.

kalo boleh tahu berapa temperatur yang akan dicapai berapa pak?

Maaf pak yulianto, Tipe kompressor yang digunakan dengan brand Carrier apa yahh, Reciprocating atau screw? Modelnya apa? bisa dijelaskan lebih detail?
Menurut saya Carrier sudah tidak menggunakan ammonia lagi.
Tapi Mycom masih menggunakan Ammonia sebagai refrigerant.