Select Page

Secara prinsip setiap komponen rig yang langsung menahan beban sudah di design sedemikian rupa dengan proses metalurgy dan load test yang sesuai dengan standardnya. Setiap pemanasan (misalnya dalam proses welding akibat crack tsb) akan mengubah struktur asli dari bahan dasar hook block ybs dan kekuatannya (ultimate strength nya) akan jauh berkurang. Bahkan materialnya (di sekitar area pengelasan) cenderung akan bersifat getas (brittle) dan ini akan sangat membahayakan dari segi safety.

Tanya – Indra

All,

Perusahaan kami memiliki rig 750 LTO cooper tahun 2002, setelah dilakukan inspeksi ternyata terdapat crack. Yang saya tahu apabila hook block crack maka harus diganti tidak bisa di repair (apabila direpair dengan melakukan pengelasan malah akan merusak material secara keseluruhan). Apakah pernyataan saya tersebut benar? Mohon pencerahannya.
karena kami akan segera melakukan pengeboran, apakah rekan2 memiliki informasi mengenai vendor yang menyewakan atau menjual hook block type shorty, 5 sheave, 1-1/8′ drilling line, 30′ dia.

Tanggapan 1 – raiza_ndut

Pak Hendra….

Barusan saya nanya sama temen saya yg biasa NDT Rig2 yang ada di indonesia pada dasarnya klu Hook sampai saat ini blm bisa di repair (las), bahan yg untuk las tersebut blm ada di Indonesia.

Tanggapan 2 – Harry Eddyarso

Dear Pak Indra,

Memang secara prinsip setiap komponen rig yang langsung menahan beban sudah di design sedemikian rupa dengan proses metalurgy dan load test yang sesuai dengan standardnya. Setiap pemanasan (misalnya dalam proses welding akibat crack tsb) akan mengubah struktur asli dari bahan dasar hook block ybs dan kekuatannya (ultimate strength nya) akan jauh berkurang. Bahkan materialnya (di sekitar area pengelasan) cenderung akan bersifat getas (brittle) dan ini akan sangat membahayakan dari segi safety.

Baru2 ini ada sebuah local drilling contractor yang ‘memberi plat nama’ pada drilling handling toolnya (elevator) dengan cara di las di arm nya (mungkin cuman biar gak ketukar sama milik orang lain). Nah pada saat di audit oleh sebuah perusahaan inspeksi drilling rig (Moduspec), hal ini menjadi temuan (Major NC) dan elevator itu tidak boleh dipakai lagi (padahal masih baru lho). Seharusnya, kalau mau ditandain atau dinamain, ya jangan di las tapi di ‘stamped’ aja.

Kesalahan2 karena ketidaktahuan tsb mungkin banyak terjadi tanpa kita sadari (itulah perlunya audit) dan hal ini bisa berakibat fatal dalam operasi drilling, karena drilling berhubungan dengan beban2 dan tekanan2 yang termasuk dalam kategori ‘high risks’.

Semoga penjelasan singkat ini cukup jelas ya – so jangan sembarangan kalo mau ngelas2 drilling equipment – kata nenek itu berbahaya ! 🙂

Share This