Select Page

Sebahagian dari kita sangat-sangat menghubungkan antara HSE Management dengan Risk Management. Jika tema Risk Management muncul dalam sebuah diskusi, maka ada yang langsung ekstrim berpikir bahwa ‘ini tentang HSE’ , padahal tidak semua, karena bisa saja diskusi berlangsung pada daerah Financial Risk, Contract Risk, Resources Risk, dll. Memang benar bahwa concept Risk Management banyak diiimplementasikan dalam area aspect HSE, khususnya pada sektor oil&gas business. Tetapi tentulah implementasi concept Risk Management itu lebih dari sekedar area resiko yang menyangkut kehilangan nyawa, cedera, polusi lingkungan dan penyakit akibat kerja. Banyak juga perusahaan yang menerapkan HSE Management yang tidak bersandarkan kepada Risk Management, bahkan juga sebakliknya banyak perusahaan yang mengimplementasikan Risk Management tetapi tak menerapkan sistematik HSE Management.

Pembahasan – Dirman Artib

Beberapa hari saya tak mengunjungi milis ini. Ada bbrp. tema diskusi yg menarik untuk terlibat, tetapi sudah agak basi jika saya me-response.

Anyway,

Saya juga tak menyangka kalau sebahagian kita sangat-sangat menghubungkan antara HSE Management dengan Risk Management. Jika tema Risk Management muncul dalam sebuah diskusi, maka ada yg langsung ekstrim berpikir bahwa ‘ini tentang HSE’ , padahal tidak semua, karena bisa saja diskusi berlangsung pada daerah Financial Risk, Contract Risk, Resources Risk, dll.

Memang benar bahwa concept Risk Management banyak diiimplementasikan dalam area aspect HSE, khususnya pada sektor oil&gas business. Tetapi tentulah implementasi concept Risk Management itu lebih dari sekedar area resiko yang menyangkut kehilangan nyawa, cedera, polusi lingkungan dan penyakit akibat kerja. Banyak juga perusahaan yang menerapkan HSE Management yang tidak bersandarkan kepada Risk Management, bahkan juga sebakliknya banyak perusahaan yang mengimplementasikan Risk Management tetapi tak menerapkan sistematik HSE Management.

Mungkin beberapa kata kunci berikut dalam prosedural/guideline atau referensi yang sedang anda baca dapat membantu apakah kita sedang membicarakan Risk Management dalam area HSE, Security, Financia/Commercial/lain-lain :

1. Hazard Identification -> HSE

2. Threat Identification -> Security

3. Loss identification -> Financial, Commercial, Economic

Tetapi ciri-ciri semuanya dapat digantikan dengan LOSS, karena hazard dan threat termasuk potential loss.

Tanggapan 1 – Gunawan Raharjo

Setuju! Sejak semula memang saya hati-hati mengamati arah pembicaraan subject Risk Management ini.

Sejauh ini, HSE merupakan salah satu implementasi dari Risk Management itu sendiri.

Jika dimodelkan dalam sebuah matematika, risk management adalah himpunan, maka HSE adalah anggota dari himpunan tersebut.

Analisa Risk Management tidak terbatas pada HSE, melainkan faktor finansial investment, social impact, proses produksi, dan semua aspek dalam sebuah management (perusahaan).

Dan dalam kesimpulan analisa sebuah risk secara kuantitatif, hasil yang di dapat tidak selalu negative sehingga diperlukan langkah penanganan (mitigasi). Manakala muncul kuantitatif bernilai positif, maka risk tersebut berubah menjadi sebuah opportunity.

Tanggapan 2 – negari karunia

Dear,

Di lingkungan industri, bicara risk management identik dengan Enterprise Risk Management (ERM) (padahal sedikit berbeda), Mungkin teman-teman dari perusahaan yang telah menerapkan ERM bisa Sharing ?? (PT. PLN, PT. Indonesia Power, PT. Pembangkitan Jawa Bali, PT. PELINDO III, atau perusahaan dengan status TERBUKA lainnya ).

Share This