Kalau kita minta dari dealer untuk menghitung owning dan operating cost untuk alat yang akan kita beli kebanyakan mereka menggunakan perhitungan presentase contohnya ada yang memberikan hitungan untuk service maintenance adalah x% dari harga alat dan pada prakteknya hal ini tidak bisa di applikasi tetapi bisa juga digunakan untuk refensi.

Tanya – Andy

Rekan milis YTH,

Mohon pencerahan dalam menghitung total operation cost/hour untuk:

1. Belt conveyor systems

2. Alat berat – Wheel loader & bucket excavator

3. Dust management & dust collector system

Faktor apa saja yang mengkontribusi kompenen biaya. Bila ada contoh laporan/case study – akan sangat bermanfaat. Terimakasih banyak atas perhatiannya.

Tanggapan 1 – Ronald Sianturi

Mas Ibnu,

Untuk alat berat saya pikir sama saja dengan peralatan lainnya komponen yang biasa saya gunakan adalah sbb:

– Investment cost (termasuk PPn, Insurance, Interest)

– Yang perlu diperhatikan adalah menentukan life time alat tersebut terlebih dahulu sebagai patokan perhitungan biasanya untuk alat berat itu mengacu pada waktu overhaul alat tersebut. Tidak ada acuan baku yang di keluarkan oleh fabrikan yang tertulis di buku panduan service dan maintenance tetapi umumnya overhaul dilakukan di 12,000 hours.

– Biaya service dan maintenance mencakup:

– Oli.

– Filter.

– Nomal replacement parts.

– Cutting edge.

– undercarriage (trackling / tyre).

– Un-schedule parts spertu hose pecah dan sebagainya ini bisa di estimasi saja.

– Mid Haul overhaul.

– General Overhaul

– Biaya lain adalah biaya karyawan (mekanik)

Setelah semua komponen biaya tersebut diperoleh baru bisa ditentukan biaya per jamnya.

Menurut pengalaman saya kalau kita minta dari dealer untuk menghitung owning dan operating cost untuk alat yang akan kita beli kebanyakan mereka menggunakan perhitungan presentase contohnya ada yang memberikan hitungan untuk service maintenance adalah x% dari harga alat dan pada prakteknya hal ini tidak bisa di applikasi tetapi bisa juga digunakan untuk refensi.

CATERPILLAR memiliki hand book yang di jual bebas kalau tidak salah dan saya pernah lihat buku tersebut baik sekali digunakan untuk referensi perhitungan operastion cost sayangnya applikasinya mungkin berbeda apabila di terapkan di Indonesia dan perlu kreasi sendir untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dengan kebutuhan kita.

Semoga berguna.

Tanggapan 2 – Eri Triharso

Saran saya hubungi saja PT. Trakindo Utama atau PT United Traktor, di bagian Application Engineer karena dengan software sederhana O&O (Owning and Operating Cost) untuk setiap model alat bisa dihitung dalam 5 menit saja.

Tanggapan 3 – irvan.rosyandi

Mas Ibnu,

Memang ada softwarenya setiap dealer. Saya mempunyai sedikit contoh tentang O&O tentang unit truck ( by excel ), bedanya adalah diperhitungan cost/km, kalau alat berat memang cost/hour karena refer to engine hours, jika berminat silahkan ke hubungi saya japri ya..