Hal yang paling mudah dilakukan untuk in situ works adalah melakukan ‘overlay welding’ dengan menggunakan GTAW atau SMAW process. WPS nya mungkin dengan menggunakan E309L untuk layer pertama dan E316L untuk layer kedua untuk process SMAW, jadi ada 2 layer. Untuk hal penetrasi overlay welding lebih bagus daripada cladding atau lining, hanya saja karena ini pekerjaan hot works maka factor safety menjadi hal yang penting.

Tanya – Haryo

Dear rekan-rekan migas Indonesia,

Kami memiliki satu vessel carbon steel yang internally coated. Internal coating ini dilakukan karena potensi korosi yang hebat yang bisa terjadi. Namun, setelah beroperasi beberapa lama, kami mendapati kerusakan di coating tersebut. Ada suatu pemikiran untuk melakukan cladding dengan SS atau strip lining.

Cladding maupun strip lining hanya dapat dilakukan di tempat (di fasilitas offshore) karena beberapa alasan. Beberapa concern yang mungkin teman-teman migas punya pengalaman akan hal ini:

1. Adakah contractor yang bisa mengerjakan hal tersebut di atas, in situ?

2. Berapa kali waktu yg dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan ini jika dibandingkan dengan dilakukan di workshop?

3. Ada lessons learned yang bisa dishare dari pengerjaain in situ cladding dan strip lining?

Untuk yang belum familiar dengan strip lining, basically prinsipmnya sama dengan memasang wallpaper di dinding. CUma dalam hal ini wallpapernya adalah SS plate (3 mm tebalnya kurang lebih) yang di las ke vessel.
Terima kasih sebelumnya dan saya tunggu sharing-sharingnya.

Tanggapan – Decky Antoni

Sebagai sharing saja, hal yang paling mudah dilakukan untuk in situ works adalah melakukan ‘overlay welding’ dengan menggunakan GTAW atau SMAW process. WPS nya mungkin dengan menggunakan E309L untuk layer pertama dan E316L untuk layer kedua untuk process SMAW, jadi ada 2 layer. Untuk hal penetrasi overlay welding lebih bagus dari pada cladding atau lining, hanya saja karena ini pekerjaan hot works maka factor safety menjadi hal yang penting.