Select Page

Kalibrasi CV bisa di kalibrate di ‘Zero-Span’ nya di positioner. Kalau yang sudah electronic positioner biasanya ada button untuk dapat ‘Self Calibration’. Biasanya setiap manufacture menyarankan untuk mengkalibrasi minimal 1 thn sekali dan itu pun tergantung dari Cycle-nya valve itu sendiri. Kalau dalam 1 thn hanya di bawah 5000 cycle, mungkin bisa di kalibrasi setiap 2 thn sekali, apalagi kalau CV tersebut hanya main di 40-70% opening saja.
Kalau memang sedang mengkalibrasi CV, sekalian saja mengkalibrasi Transmitter atau intrument lain nya yg merupakan sumber signal utk CV tersebut. sapa tahu CV nya sudah bagus tetapi memang sumber signal lainnya (Transmitter atau intrument lainnya) jelek atau perlu di kalibrate.

Tanya – ridwanmardiana

Bapak2 dan Ibu2 yang terhormat,

Minta bantuannya untuk menjelaskan cara kalibrasi control valve untuk quick opening ataupun equal percentage. Pemahaman saya selama ini kurva dari quick opening ataupun equal percentage adalah korelasi antara bukaan control valve dengan flowrate sehingga untuk kalibrasinya sama dengan kalibrasi control valve biasa ( linear ).
Mungkin ada masukan dari anggota milis sekalian apabila pemahaman saya selama ini salah.
Terima kasih atas masukkannya.
Tanggapan 1 – Fajar sodikin

Pak Ridwan,

Apa yang katakan linear. equal percentage dan quick open adalah korelasi antara opening valve dengan flow rate adalah benar. Tetapi design valvenya ada perbedaan.

1. Plug Valve didesign linear tetapi bisa dibuat 3 characteristic valve tsb diatas. yaitu dengan merubah cam yang ada dipositioner atau dikonfigurasi sesuai kebutuhan kalau menggunakan positioner digital.Yang pasti perubahan posisi atau bukaan valve berbeda antara ketiga characteristic itu.Kalausignal dari DCS/PLC 25% (misalnya) maka percent bukaan Quick open dan Equal percentage tidak sama dengan signal DCS/PLC.Coba simulasi dengan Quicksizenya Masoneilan (gratis kok bisa di download).

2. Jika Plug valve atau cage valve didesign sesuai dengan kebutuhan characteristic maka cam /configurasi positioner harus disetting linear. Jadi signal dari DCS/PLC akan sesuai dengan percentage bukaan pada valve.

Saran saya kalau mau pilih valve dengan design linear plug/cage aja dan konfigurasi characteristic di positioner (kelebihannya bisa common spare plug atau cage dan kekurangannya ada kebingungan tehnisi dilapangan-tetapi bisa diberikan penjelasan)
Mudah-mudahan bisa membantu dan mungkin ada yang tambahin.

Tanggapan 2 – Egi Al Ghifari

Pak Ridwan,

Control valve dengan karakteristik linear, equal percentage, modified equal percentage maupun quick opening, semuanya saya kira termasuk control valve ‘biasa’, tidak ada yang luar biasa. Seperti pemahaman Pak Ridwan dan Pak Fajar, karakteristik ini menyatakan korelasi antara *disk displacement*dengan *flow* *rate*.

– Kalibrasinya dilakukan dengan susunan peralatan yang sama, kemudian *disk diplacement* diplot dengan *flow rate*.

– Memanipulasi positioner/controller untuk mendapatkan karakteristik *quick open* atau *equal percentage* bisa dilakukan dengan perhatian khusus, terutama jika tekanan *upstream* dan/atau *upstream* dari *control valve* berfluktuasi (misal jalur *liquid* dengan *variable fequency drive pump*), karena ada risiko *control valve* kehilangan *authority*.

– Memanipulasi secara mekanik untuk mendapatkan karakteristik *quick open* atau *equal percentage* bisa dilakukan dengan mengganti *disk*atau *cage* dari *control valve*.

Tanggapan 3 – Widodo

Pak Ridwan Yth,

Memang benar ada korelasi antara % signal ke control valve dengan flow rate untuk karakteristik control valve untuk kalibrasi bapak bisa menginstal control valve dengan flow meter sehingga bisa dibuat kurva korelasi untuk % signal dengan flowratenya. untuk controller yang menggunakan DCS ataupun PLC memang bisa dimanipulasi karakteristiknya tapi untuk mempermudah sebaiknya menggunakan karakter yang linier.

Tanggapan 4 – Lung Mulia

Pak Ridwan dan Pak Widodo,

Aku coba utk menambahkan sedikit.

Kalibrasi CV bisa di kalibrate di ‘Zero-Span’ nya di positioner. kalau yg sudah electronic positioner biasa nya ada button utk dapat ‘Self Calibration’.

Biasanya setiap manufacture menyarankan utk mengkalibrasi minimal 1 thn sekali dan itu pun tergantung dari Cycle-nya valve itu sendiri. Kalau dalam 1 thn hanya di bawah 5000 cycle, mungkin bisa di kalibrasi setiap 2 thn sekali. apalagi kalau CV tersebut hanya main di 40-70% opening saja. Kalau memang sedang mengkalibrasi CV, sekalian saja mengkalibrasi Transmitter atau intrument lain nya yg merupakan sumber signal utk CV tersebut. sapa tahu CV nya sudah bagus tetapi memang sumber signal lainnya (Transmitter atau intrument lainnya) jelek atau perlu di kalibrate. Thanks.