Select Page

Flow meter untuk steam tidak bisa dipakai untuk sea water – sedangkan portable well testing nya slumberger juga bukan untuk aplikasi tersebut. Slumberger biasanya pakai multiphase flow meter – dulu Framo, sekarang Phasewatcher nya 3-phase measurement dari Norway; alat untuk pengujian sumur (well testing) dengan GVF max 97-98%.

Tanya – Nasrul Syahruddin

Dear all,

Mohon info apakah ada company yang bergerak dalam jasa rental alat ukur? Saya butuh portable flow meter untuk mengukur aliran fluida pada suatu pipa sampai ukuran 48 inch.
Kalau ada, yang disekitar Balikpapan/Samarinda ?

Tanggapan 1 – Wisnu Purwanto

Tampaknya anda butuh portable flow meter utk mengukur natural gas di pipa 48′.

Saya tidak tahu pasti apakah di Indonesia ada perusahaan yang menyewakan alat tersebut – namun bisa saya informasikan bahwa anda membutuhkan clamp-on transit time (bukan yang doppler effect) ultrasonic flow meter – yang sayangnya juga tidak terlalu portable karena harus di clamp dengan pas semi permanen di pipa yang akan di-ukur.

Meskipun beberapa vendor (misal controlotron, ge sensing Panametric dan flexim) telah meng improve produknya, namun sampai saat ini saya tidak merekomendasikan penggunaan clamp-on USM untuk gas apalagi kalau tujuannya untuk mengecek uncertainty suatu fiscal/custody transfer metering system yang notabene memiliki uncertainty jauh lebih baik dari clamp-on USM apapun yang ada di pasaran. Info detail, silahkan refer ke ISO/TR 12765. Harap pula hati2 dalam membaca katalog – uncertainty yang disebutkan umumnya adalah uncertainty terhadap measured velocity dengan assumsi fully develloped turbulent flow profile – bukan accuracy thdp volume flow. Umumnya, clamp-on gas USM membutuhkan tekanan operasi tertentu yang juga bergantung jenis dan ketebalan pipa, vendor tertentu bahkan membutuhkan min. Opr pressure 4000 kPa.

Tanggapan 2 – Nasrul Syahruddin

Pak Wisnu,

Yang mau diukur flow-nya adalah pipa FRP 48′ untuk sea water (cooling water).

Tanggapan 3 – Zein Wijaya

Bisa juga dicontact PT BAM atau Schlumberger…

CPI Duri dulu pernah menggunakan jasa service pengukuran steam (portable) – DSQS Job dari PT BAM dan portable well testing (flow rate portable) dari Schlumberger..

Kalau memang ini yg dimaksud dengan portable flow meter

Thanks

Tanggapan 4 – Wisnu Purwanto

Flow meter untuk steam tidak bisa dipakai untuk sea water – sedangkan portable well testing nya slumberger juga bukan untuk aplikasi tersebut. Slumberger biasanya pakai multiphase flow meter – dulu Framo, sekarang Phasewatcher nya 3-phase measurement dari Norway; alat untuk pengujian sumur (well testing) dengan GVF max 97-98%. Agak kejauhan, Seperti response saya terdahulu – pilihannya terbatas pada clamp-on USM baik yang doppler (akurasi jelek) maupun yang transit time – dan apapun pilihannya – karena ini velocity meter maka membutuhkan fully developed turbulent flow profile – so butuh upstream straight length yang cukup panjang dan flow yang tidak terlalu rendah, partial flow nggak akan jalan.

Tanggapan 5 – Wahyudi, Edi

Kami telah menggunakan portable clamp on type transit time guna mengukur sea water pada discharge fire pump (guna keperluan evaluasi performance fire pump) dan glycol so far hasilnya cukup bagus. Dan saya setuju dengan pertimbangan and saran Bapake Wisnu mengenai aplikasi clamp On.
dengan sedikit tambahan untuk mengadakan site trial dulu sehingga didapat hasil yang memuaskan.

Tanggapan 6 – Harry Satriadi

Dear Pak Wisnu,

Bapak bisa hubungi PT. Basuki Adyagraha Niaga di telp: 021-4603202, mereka punya portable flow meter biasa digunakan untuk mengukur flow steam dan air boiler.

Tanggapan 7 – Bakti Kumoro

Pak Nasrul,

Mungkin anda bisa menghubungi Pak Boby Triwibowo Gunarno ( temen anda sendiri di Badak LNG – email : wibowo@badaklng.co.id), kami dulu pernah saling berkorespondensi ttg Clamp On Flow meter ini.

Semoga saja beliaunya masih di Badak…..

Tanggpan 8 – Nasrul Syahruddin

Hehe..beliau sudah di Qatar Pak. Tapi monitor milis ini juga koq..

Tanggapan 9 – Wisnu Purwanto

Kalau ini sih gampang, selama data ID akurat serta flow profile tidak di area laminar – maka portable clamp-on mampu memberikan pengkuran yang lumayan. Transit time technique tetap jauh lebih akurat dari yang doppler effect, Beli saja – harganya relatif nggak terlalu mahal.

Tanggapan 10 – Gustiyanto

Benar Pak, pembacaan flow bisa dengan clamps on potable, tapi juga perlu diperhatikan minimum length requirement untuk 10D di Upstream dan 5D downstream. Terima kasih.

Share This