Select Page

Mohon pencerahan dan informasi yg dibutuhkan untuk membuat document ‘Safety Flow Diagram’. Mohon informasi juga mengenai referensi yg bisa saya baca/rujuk untuk mengetahui lebih jauh purpose dari pembuatan document tersebut. Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia yang terangkum dalam Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia pemabahasan Bulan Agustus 2007 ini dapat dilihat dalam file berikut.

Tanya – Machmud Riyadh

All,

Mohon pencerahan dan informasi yg dibutuhkan untuk membuat document ‘Safety Flow Diagram’. Mohon informasi juga mengenai referensi yg bisa saya baca/rujuk untuk mengetahui lebih jauh purpose dari pembuatan document tersebut. Terima kasih sebelumnya dan salam.Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia yang terangkum dalam Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia pemabahasan Bulan Agustus 2007 ini dapat dilihat dalam file berikut.

Tanggapan 1 – suseno sastrosunarno

Masih di Houston nih?

Pengalaman saya ngerjain project di Shell, biasanya kita generate PSFS, process saferguarding flow scheme.

Hampir sama dengan PFD (process flow diagram), cuman yg ditampilin di PSFS adalah mechanical/ safety equipement yg ada dlm process plant tersebut. Misalnya Relief valves, Rupture disk, non return valve (check valve), control valve, ESDV, PSDV beserta shutdown levelnya.

Juga ditampilin hal2 yg menyebabkan shutdown tersebut, misalnya LSLL, LSHH, PSHH dll.

Shell punya reference sendiri how to generate flow scheme tersebut, International standard yg bisa dijadiin refence ya API 14C, krn shell standard tersebut juga refer ke API 14C. Hasil akhir yga mirip2 di Appendix-A API 14C.

Tanggapan 2 – Crootth Crootth

Dulu pas masih di VICO saya pernah melampirkan satu gambar khusus yang berisi semua safety equipment berikut data alur alir (pressure, temperature, flowrate) dan arah alirannya. Gambar ini termasuk dalam dokumen Overpressure Protection Study. Tapi kami menamakannya bukan Safety Flow Diagram, melainkan Overpressure Protection Schematic Diagram.

Kurang lebih isinya sesuai dengan standar API RP14C lah, sebagaimana diutarakan Mas Suseno di Shell.

Tanggapan 3 – Machmud Riyadh

Thanks berat, rekan-rekan. Sangat membantu. Ada pertanyaan saya yg belum terjawab, yaitu purpose dari document itu, apakah akan dipakai untuk PHA sebelum FEED? Atau untuk referensi dari Safety requirement Specification? Atau kita bisa adjust sesuai kebutuhan? Ataukah ada spesial purpose yg lain?

Suseno, yes saya masih di Houston. Awakmu masih di Miri ya? Salam buat Yayat kalo ketemu.

Mas DAM, bisa tolong dijelaskan lebih jauh mengenai dokumen yg disebutkan dimilis waktu Mas DAM di VICO.. Maksud saya penggunaannya (apakah untuk evaluasi awal? audit safety post-design? dsb).

Terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 4 – Crootth Crootth

Mas Machmud

Dokumen Overpressure Flow Schematic Diagram ini saya gunakan antara lain untuk meninjau worst case yang terjadi di Plant.

Semisal ada ‘block valve at pig launcher inadvertently closed’ maka keseluruhan plant akan menerima kelebihan tekanan. Dengan diagram tersebut saya akan dengan mudah menentukan SDV mana yang menutup, PSV mana yang membuka, apakah kompresor akan recycle atau mati, bagaimana dengan sumur gas nya, dst. Karena bentuknya diagram maka kita dengan jelas akan dapat mengetahui sequence yang terjadi setelah event ‘block valve inadvertently closed’ tadi.

Sebenarnya akan lebih bagus kalau dilakukan analisa dinamik mengenai hal ini, bisa dilakukan dengan HYSIS dengan mode dynamic sebenarnya.

Kasus lain misalnya terjadi Plant Fire, instrument mana saja yang mendapatkan sinyal Fire untuk teraktivasi, PSV mana yang diset untuk kasus fire yang akan membuka, blowdown akan terbuka, semuanya jelas alur alir, flowrate berikut tekanannya. Bahkan Overpressure Diagram ini memuat juga ukuran dan flowrate dan tekanan pada downstream RO-RO yang dipasang untuk mwujudkan sequential flow demi membatasi rate yang ke flare stack.

Kasus lain lagi adalah ESD, tentunya suudah diketahui semua SDV seharusnya menutup pada kejadian ini, tapi adakah efek dari menutupnya SDV ini bisa mem-popkan PSV? Overpressure diagram akan menunjukkannya.

Semoga membantu Mas.

Share This