Select Page

Deduksi seharusnya menjadi penilaian mendasar terhadap seorang process engineer. Kegagalan seorang process engineer dalam mendeduksi suatu sistem proses yang akan dibikin bisa menyebabkan kegagalan design yang fatal. Contohnya memasang insulasi di keluaran kompresor menuju ke unit penukar panas untuk mendinginkan fluida keluaran kompresor. Pemasangan insulasi ini mungkin berguna agar tidak terjadi beharioral accident yakni orang kesentuh benda panas, kaget dan jatuh, atau tangannya meloncot. Namun jangan lupa bahwa alam memiliki kemampuan untuk mendinginkan – maka manfaatkanlah. Efek pendingan oleh alam ini memang bervariasi tergantung tempatnya jika di kutub, bisa hingga 40 degF, jika di timur tengah bisa bisa ngga berguna (karenanya pasang lagi aja deh insulasinya). Untuk di Indonesia, lebih baik mencopot insulasi demi menghemat energi dalam alat penukar panas hingga 3 – 8%!!

Pembahasan – Crootth Crootth

Dear All,

Hampir delapan tahun bertualang dari resto ke resto sembari bekerja sebagai process/process safety engineer di oil and gas industry, saya pribadi sering melihat banyak kesalahan-kesalahan dalam process design. Kadang kesalahannya sedemikian fatal yang dapat saja menimbulkan kejadian katastropik. Di beberapa perusahaan engineering kesalahan ini masih saja lolos meski mereka telah secara khusus meng-assign seorang senior process engineer (tentunya dengan gaji gede dunk yang cukup untuk sekedar nongkrong nongkrong di Senayan City mengecek rasa enak Yam Ma Muang nya Jitlada – restoran thailand) untuk tugas tugas review kerjaan process engineer nya.

Berikut adalah beberapa kesalahan mendasar para process engineer kita – sejauh pengamatan saya.

DEDUKSI

Inilah yang seharusnya menjadi penilaian mendasar terhadap seorang process engineer. Kegagalan seorang process engineer dalam mendeduksi suatu sistem proses yang akan dibikin bisa menyebabkan kegagalan design yang fatal. Contohnya memasang insulasi di keluaran kompresor menuju ke unit penukar panas untuk mendinginkan fluida keluaran kompresor. Pemasangan insulasi ini mungkin berguna agar tidak terjadi beharioral accident yakni orang kesentuh benda panas, kaget dan jatuh, atau tangannya meloncot. Namun jangan lupa bahwa alam memiliki kemampuan untuk mendinginkan – maka manfaatkanlah. Efek pendingan oleh alam ini memang bervariasi tergantung tempatnya jika di kutub, bisa hingga 40 degF, jika di timur tengah bisa bisa ngga berguna (karenanya pasang lagi aja deh insulasinya). Untuk di Indonesia, saya kira lebih baik mencopot insulasi demi menghemat energi dalam alat penukar panas hingga 3 – 8%!! Contoh lain adalah dengan menggampangkan hitungan flowrate keluaran pompa paralel
= laju pumpA + laju pump B + laju pump C tanpa memperhitungkan system head yang akan mereduksi laju alir hingga ke angka 70 – 85% nya. Banyak contoh deduction errror lain yang saya tidak bisa sebut di sini.

LUPA

Sering dijargonkan oleh Kletz sebagai salah satu sebab utama kecelakaan proses, yakni betapa mudahnya kita melupakan. Kegagalan dalam mengingat kejadian katastropik yang berkaitan dengan design yang dirancang bisa berakibat fatal. Kegagalan mengingat ingat ini (kata ingat ingat ini mengingatkan saya akan Warung Soto Eling Eling tepat di sebelah jembatan casablanca yang memotong jalan saharjo) tentunya bisa terjadi jika process engineering review semuanya dilakukan oleh orang yang belum berpengalaman atau setidaknya selama keseluruhan hidupnya bekerja di engineering company tanpa sekalipun pernah terlibat dalam operation. Tidak harus seperti itu memang, belajar dan rajin membaca jurnal jurnal ilmiah di bidang process safety yang terbaru akan sangat membantu meng-upgrade ilmu dan pengetahuan.

ABAI

Sebelum lebih lanjut nama ABAI ini membuat saya teringat sama warung warung bakmi dan bakso, seperti Akung, Afung, A Kiat, dsb, beberapa memang rasanya enak. OK, back to the topic, mengabaikan beberapa fenomena process yang sangat umum bisa mengakibatkan kegagalan pada saat pengoperasian. Contoh yang simple adalah merancang printed circuit heat exchanger (PCHE) tanpa side stream filtration. Hampir dapat dipastikan PCHE bakalan fouling di bagian coolant side nya jika tak dilakukan side stream filtration. Membaca banyak buku, jurnal dan laporan ilmiah lain akan sangat berguna untuk mengurangi sikap abai terhadap fenomena process umum ini.

PROSEDUR DESIGN YANG TIDAK MENCUKUPI

Sangat berkaitan dengan waktu dan keuangan si perusahaan engineering, biasanya mereka tidak memiliki keduanya atau paling tidak terbatas dalam dua hal tersebut dalam menerapkan prosedur kaji ulang dan evaluasi untuk menghasilkan deliverables yang bagus. Tanpa side opinion suatu report biasanya akan kekurangan unsur komprehensivitas nya. Prosedur design yang bagus biasanya melibatkan konsultan yang direkrut dari perusahaan lain untuk menilai designyang sudah dibikin. Setahu saya, hampir tidak ada perusahaan engineering melakukan. Dulu beberapa kali saya disewa untuk memberikan side opinion terhadap rancangan design sebuah sistem pemroses yang sudah jadi. Tentunya berlaku prinsip beda orang – beda hasil, selama proses konsultasi lepas seperti itu malah saya lebih melihat banyak kesalahan atau kekurangan jika dibandingkan saya mereview dalam tugas tugas rutin.

KURANGNYA WAKTU

Masalah yang sangat klasik. Penyelesaiannya juga sebenarnya mudah namun seringkali dibikin susah, yakni administratif. karena kurang waktu maka si process engineer kurang fokus, karena kurang fokus maka banyak design calculation dihitung asal asalan, tanpa proses berfikir yang bagus dan sebagainya.

KURANGNYA BUDGET

Masalah yang sama klasiknya dengan waktu. Karena budget kurang maka si perusahaan engineering merekrut process engineer secara asal-asalan. Karena asal-asalan maka hasil kerjaanya juga pasti asal asalan. Penyelesaiannya, rekrut saja engineer yang bagus yang mau dibayar sebagai pekerja lepas (istilahnya mbecakan).

MEREKAM DAN MENDOKUMENTASIKAN SELAMA PROSES DESIGN

Well, banyak kejadian yang lucu lucu sering terjadi, misalnya gambar yang sudah direview hilang ntah kemana, lalu bahkan ada pekerjaan engineering yang 100% sudah hilang entah kemana karena pada saat itu si perusahaan engineering tidak mempunyai master file yang menyimpan semua data dan gambar, jadi data dan gambar disimpan oleh engineer masing masing. Repotnya lagi ketika si engineer pindah kerja, terbawasertalah itu dokumen dikumen penting, dan si perusahaan engineering hanya mampu berkilah pada si client. Penyelesaiannya: Information-based! Saat ini saya pribadi akan merekam semua coret coretan saya selama process review ke dalam bentuk file pdf, yang sewaktu waktu bisa saya gunakan jika ternyata gambar/datasheet yang ada komentar saya di kemudian hari ternyata hilang.

KESALAHAN PERHITUNGAN

Lagi lagi ini kesalahan klasik. Contoh yang mudah adalah kesalahan dalam menentukan faktor K dalam perancangan separator, kemudian menentukan ukuran mesh dan filter tanpa tahu efeknya apa pada kesempurnaan pemisahan, Menghitung laju alir dan set point PSV untuk kasus fire hanya berdasarkan pendekatan API an sich!, Kesalahan menghitung settling out pressure dalam blowdown analysis, tidak adanya perhitungan surge pressure pada kasus valve mendadak ditutup, dsb.

Tentu masih banyak kesalahan kesalahan lain yang tidak terbatas pada uraian saya di atas, silahkan melengkapinya melalui balasan email ini, agar menjadi pelajaran bersama.

Share This