Select Page

Mengatakan bahwa gempa nantinya akan berkekuatan lebih dari 9SR ini yang perlu diluruskan ! Gempa merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh ‘ melenting-nya sebuah pegas alami’. Pegas alam ini memang digencet oleh gerkan tektonik pada bermacam-macam batuan yang memiliki tingkat pelentingan berbeda-beda. Dari hasil analisanya orang ahli gempa, banyak dijumpai area yang memiliki tingkat tekanan atau stress yang cukup besar di barat Sumatra ini. Kalau stress ini keluar atau terpicu secara serentak kekuatannya mampu membentuk gempa dengan skala diatas 8, ada yang mengatakan 9.

Pembahasan – Agus iswanto

Dari milist sebelah…

Saatnya instrospeksi diri….

Semoga ini hanya HOAX…….

Indonesia Menunggu Datangnya Gempa Dahsyat Lebih Dari 9 SR.

Baru saja diberitakan oleh TV CNN pada tanggal 17 September 2007 tentang Datangnya Gempa Dahsyat yang lebih atau sekitar 9 SR disekitar Sumatra Barat.

CNN melakukan peninjauan khusus bersama pemburu Gempa dari California Technology Institute. Pemburu gempa ini adalah geoloog dari CalTech yang meneliti semua gempa2 yang muncul di Indonesia terutama yang terakhir ini yang katanya mengakibatkan kerak bumi melipat sehingga menimbulkan gempa sekitar 7 SR lebih baru2 ini.

Akibat dari kerak bumi yang melipat sehingga overlap satu dengan lainnya yang terjadi diwilayah sekitar SumBar, akan memaksa efek balik seperti pegas, karena lipatan ini akan berusaha mengembalikan atau meratakan kerak bumi yang melipat ini seperti ibaratnya pegas yang apabila kita tekuk akan menimbulkan kekuatan yang arahnya sebaliknya dari arah tenaga yang menekuknya untuk kembali ke bentuk semula.

Reaksi balik pegas akan terjadi terhadap kerak bumi yang melipat akibat gempa baru2 ini yang besarnya sekitar 7 SR itu, namun reaksi balik pegas ini akan berakibat gempa yang besarnya lebih dari 7 SR yang diperkirakan sebesar 9 SR atau lebih.

Menurut ahli geologi pemburu gempa ini, gempa yang ditunggu itu akan muncul dalam waktu dekat. Tidak ada yang bisa dilakukan selain mengumumkannya kepada masyarakat luas diwilayah SumBar untuk ber-jaga2 datangnya gempa ini yang kemungkinan akan disertai Tsunami. Persiapan mental dibutuhkan masyarakat agar dengan persiapan yang baik maka datangnya gempa tidak akan menimbulkan kepanikan sehingga jatuh korban yang jauh lebih besar.

Kapan tepatnya kedatangan gempa dahsyat ini, sang pemburu gempa sendiri tidak bisa memastikan. Namun sang pemburu gempa ini menyatakan akan tetap mengejar gempa dahsyat ini untuk menyaksikannya sendiri bersama masyarakat.

Kalo benar gempa dahsyat ini benar akan muncul, maka gempa ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah bumi ini, karena gempa yang terjadi dalam dongeng Sodom dan Gomorah saja hanya berkisar kurang dari 8 SR. Dengan pemberitahuan ini sang pemburu gempa mengharapkan agar berita ini disebar luaskan sementara katanya pemerintah justru menutupi berita ini untuk mencegah kepanikan. Padahal menurut pemburu gempa ini, berita ini justru harus disebar luaskan sehingga masyarakat bisa mengadakan persiapan yang tidak akan menimbulkan kepanikan.

Semoga rekan2 di Indonesia bisa menyebar luaskan berita ini sehingga persiapan2 yang diperlukan bisa dilakukan sesuai dengan petunjuk2 para ahli2 gempa dunia.

Tanggapan 1 – Rovicky Dwi Putrohari

Bahwa masih akan ada gempa lain itu PASTI !

Tetapi mengatakan bahwa gempa nantinya akan berkekuatan lebih dari 9SR ini yang perlu diluruskan ! Gempa merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh ‘ melenting-nya sebuah pegas alami’. Pegas alam ini memang digencet oleh gerkan tektonik pada bermacam-macam batuan yang memiliki tingkat pelentingan berbeda-beda. Dari hasil analisanya orang ahli gempa, banyak dijumpai area yang memiliki tingkat tekanan atau stress yang cukup besar di barat Sumatra ini. Kalau stress ini keluar atau terpicu secara serentak kekuatannya mampu membentuk gempa dengan skala diatas 8, ada yang mengatakan 9. Ingat ini hanya menunjukkan kekuatannya atau besarnya ‘tenaga’ yang sudah terkumpul, menurut saya bukan berarti pasti akan menyebabkan gempa dengan sebesar itu dalam waktu satu kali jegerrr.

Namun … namun harus diingat bahwa tidak seluruh gempa ini akan terlepaskan tekanan atau stressnya dalam satu kali saja. Bisa saja beberapa kali yang lebih kecil juga. Seperti gempa Bengkulu-Mentawai telah merobek daerah berukuran 240×120 Km di Bengkulu dan setengah dari itu di Mentawai.

Coba lihat disini :

http://rovicky.wordpress.com/2007/09/15/gempa-bengkulu-mentawai-dan-gempa-aceh/ dan disini :

Gempa Bengkulu-Mentawai-Nias pun bergetar

Kalau dibandingkan dengan gempa Aceh berkekuatan 9.3 yang memiliki panjang robekan hingga 1000 Km tentunya kita bisa lihat bahwa masih ada kemungkinan juga gempa-gempa itu tidak terrobek bersama-sama, kalau terjadi seperti gempa Bengkulu-Mentawai.
Saya berdoa semoga robeknya dikit-dikit (dibawah 6) bekali-kali ya ga papa. Walaupun tenaganya secara keseluruhan memang sekuat tenaga dengan skala 9. Sehingga nantinya tidak menyebabkan tsunami. Mari berdoa semoga saja … amien.

Jadi kemungkinan ada gempa itu memang mungkin saja benar bahwa ada penumpukan tenaga disana (sebelah barat Sumatra). Silahkan lihat petanya disini :

PRESS RELEASE IAGI – Tentang Gempa Bengkulu

Sekali lagi … waktunya tidak dapat diprediksi … skali lagi waktunya tidak dapat di prediksi.

Kalau anda perhatikan di dunia ini juga ada tempat lain yang ‘menunggu’ gempa besar yaitu di California. Disana diyakini akan ada gempa besar (di daratan Calofornia). Di California ini sedang menunggu gempa kekuatan besar diatas 8, yang kalau disesuaikan dengan periodenya semestinya sudah bergetar dalam tahun-tahun kemarin. Tetapi toh hingga lima tahun berlalu gempa itu juga tidak berlalu. Atau tertahan ? hal ini masih diteliti juga. Jelas preparasi terus dilakukan di California sana.

Jadi tidak perlu panik, aku sendiri selalu bilang yang penting waspada WASPADA IS YOUR EARLY WARNING !!!!

Pembahasan selengkapnya dalam rangkuman diskusi Mailing List Migas Indonesia Bulan September 2007 ini dapat dilihat dalam file berikut:

Share This